Analisis bibliometrik perilaku agresif remaja di Indonesia tahun 2019-2023

Putri Wulandari, Amien Wahyudi

Abstract


Perkembangan Implementasi pada layanan bimbingan dan konseling saat ini dikategorikan memiliki kualitas yang tinggi, sehingga dapat membantu setiap permasalahan remaja atau peserta didik disekolah. Remaja merupakan proses pencarian jati diri yang nyatanya akan sangat mudah untuk terpengaruh bahkan dipengaruhi. Dengan adanya pemberitaan serta laporan yang didapatkan akhir-akhir ini hingga tahun tahun sebelumnya permasalahannya berupa perilaku agresif yang nyatanya mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat serta mendeskripsikan riset tentang perilaku agresif remaja di Indonesia dengan fokus riset pada tahun 2019-2023. Didalam studi ini menggunakan analisis bibliometrik dengan sampel data sebanyak 999 dokumen pencarian melalui google schoolar dengan bantuan Publish or perish (POP). Selanjutnya data disimpan dalam bentuk CSV dan diinput pada Vos Viewer dengan 3 kata kunci yang dicari yaitu perilaku agresif remaja, publish or perish dan bibliometrik. Terdapat hasil penelitian yang menunjukkan kaitan terjadinya perilaku agresif dipengaruhi dengan usia, hubungan pola asuh, relationship yang lebih dominan untuk mengkaji mengenai perilaku agresif. Nyatanya terdapat implikasi riset ini akan membantu serta menjadi bahan dasar penelitian untuk meneliti perilaku agresif remaja di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Anugrah, P. (2020). Identifikasi Tingkat Perilaku Agresif Siswa di MAN 1 Padang Panjang.

Balleys, C., Millerand, F., Thoër, C., & Duque, N. (2020). Searching for Oneself on YouTube: Teenage Peer Socialization and Social Recognition Processes. Social Media + Society, 6(2), 2056305120909474.

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133.

Dwi, Y. (2019). Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama “Nilai Karakter Cinta Damai” untuk Mereduksi Perilaku Agresif Siswa. Emphaty Cons-Journal of Guidance and Counseling, 1(1), 32–43.

Ekayamti, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial dan Harga Diri Remaja Retardasi Mental Ringan Melalui Modeling Partisipan Teman Sebaya. Media Keperawatan, 11(1), 43–50.

Khaira, W. (2023). Kemunculan Perilaku Agresif Pada Usia Remaja. Intelektualita, 11(02).

Maditia, R., & Sakti, P. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional DENGAN Perilaku Agresif. Jurnal Psimawa, 4(1), 49–54.

Paswaniati, P., Nurmalina, N., & Pahrul, Y. (2021). Perilaku Agresif Fisik Anak Usia Dini di Desa Gerbang Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Journal on Teacher Education, 2(2), 1–8.

Prasetya, A., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2019). Pengaruh Lingkungan terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa dalam Berkomunikasi. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 68–73.

Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28–32.

Ratuela, A., Bidjuni, H., & Rompas, S. (2020). Hubungan Kebiasaan Menonton Tayangan Kekerasan di Televisi dengan Perilaku Agresif pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan, 8(1), 91–98.

Ronosumitro, A. A. (2021). Hubungan antara Kecenderungan Kepribadian Narsistik dengan Perilaku Agresi Verbal pada Pengguna Instagram. PhD Thesis. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Sejati, P. E., & Suhita, B. M. (2023). Pemberdayaan Orang Tua Remaja dalam Meningkatkan Kemampuan Parenting dan Penerapan Fungsi Keluarga di BKR Kelurahan Bandar Lor. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 134–139.

Verhoeven, M., Poorthuis, A. M., & Volman, M. (2019). The Role of School in Adolescents’ Identity Development. A Literature Review. Educational Psychology Review, 31, 35–63.

Wigati, P. W., & Prasetyo, R. T. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Agresif pada Anak Pra Sekolah Di TK Al Hidayah Bakung Udanawu Kabupaten Blitar Tahun 2022: The Relationship between Parental Parenting and Aggressive Behavior in Pre-School Children in Al Hidayah Bakung Udanawu Kindergarten, Blitar Regency in 2022. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(2), 360–364.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.