Strategi layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar pada siswa sekolah menengah pertama

Selvira Damayanti, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran serta alternatif strategi layanan bimbingan kelompok untuk mereduksi kejenuhan belajar yang dapat digunakan oleh Guru BK. Di dalam kegiatan belajar perlu adanya kesiapan dalam segi fisik, mental ataupun alat-alat belajar. Kejenuhan belajar merupakan permasalahan yang sering terjadi pada individu saat ini. Faktor utama yang menyebabakan individu mengalami kejenuhan belajar yaitu karena faktor lingkungan belajar dan cara mengajar yang digunakan guru kurang bervariatif. Oleh sebab itu, pentingnya guru untuk mengimplementasikan cara belajar yang bervariatif. Harapannya agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati.,A.,N. 2016. Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, Prosiding Interdisciplinary Postgraduate Student,9-16

Aurelia.,Z.,T.,& Bhakti.,P.,C. 2021. Strategi Guru BK dalam Bimbingan Kelompok Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan,(1)

Bhakti.,P.,C. 2015.Bimbingan dan Konseling Komperehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling,1(2)

Bhakti.,P.,C., Safitri.,E.,N.,& Dewi.,C.,A. 2018. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengurangi Perundungan Siber di Kalangan Remaja. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 2(2),1-7

Fatimah.,C.,& Puspaningtyas.,D.,N. 2022. Studi Literature: Kejenuhan Belajar pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1),42-49

Febrianti.,C.,& Irmayanti.,R. 2019. Teknik Psikodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Merokok Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan.,2(3),105-113

Kadir.,A. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiwa FTKI IAIN Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1),1-15

Mahfud.,R.,E. 2016. Strategi Guru dalam Mengatasi Rasa Jenuh Siswa Kelas 2A di Full Day School SD Islam Tompokersan Lumajang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Muflihah.,L.,& Savira.,I.,S. 2021. Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 8(2),201-2011

Ningsih.,K.,L.,& Djumali. 2020. Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMTA di Kedungwungu Indramayu. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Putri.,L.,W.,& Widihastrini.,F. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Mind Mapping dengan Media Audiovisual. Joyful Learning Journal, 3(2)

Rosmiati.,R.,Syuhada.,S.,Refinda.,Putra.,I.,&Sari.,N. 2021. Pembelajaran Anak Sekolah yang Mengalami Kesulitan Belajar dengan Memanfaatkan IoT (Internet of Things) pada SMKN 5 Kota Jambi. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS,4

Sari.,I.,M. 2019. Peran Guru BK Dalam Mengurangi Kejenuhan Siswa Saat Belajar Melalui Ice Breaking di MAN 3 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Siddik.,A.,E.,K.,Fatimah.,S., & Novianti.,W. 2021. Teknik Self Instruction Berbasis Online Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa MTs Kelas VIII. Fokus: Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan, 4(4),317-329

Vitasari.,R. 2013. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(3)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.