Pengaruh konseling kelompok untuk meningkatkan self-control

Hidayanti Hidayanti, Noor Mutia Azizah, Rudi Hariyadi, Yulizar Abidarda

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti tentang pengaruh layanan bimbingan konseling kelompok terhadap peningkatan pemahaman self-control siswa kelas X SMAN 1 ANJIR PASAR. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 33 siswa kelas X IPS di SMAN 1 ANJIR PASAR. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan pemahaman self-control siswa kelas X IPS di SMAN 1 ANJIR PASAR. Secara umum dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat digunakan sebagai suatu upaya dalam meningkatkan pemahaman self-control yang dimiliki oleh siswa.


Full Text:

PDF

References


Adhiputra, A.A., Ngurah. (2015). Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademik.

Hardi, E., Ermayulis, D., & Masril, M. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(2), 141-149.

Kurnanto, Edi. (2014). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lumongga, Namora. (2011). Memahami Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Kencana.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil; Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajawali Pers.

Priskila, M., Ramadhani, E., & Surtiyoni, E. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Control Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Quanta, 5(2), 56-60.

Salahudin, Anas. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Winkel, W.S dan Hastuti, Sri. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.