Strategi layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar peserta didik

Rizky Sabila, Siti Muyana

Abstract


Peserta didik merupakan komponen utama dalam proses belajar mengajar. Belajar bukanlah kebutuhan melainkan suatu keharusan bagi peserta didik untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya. Setiap individu tentunya memiliki kemampuan untuk mengatur diri, tetapi kemampuan setiap individu tentunya berbeda-beda. Ada individu yang mampu untuk mengatur dirinya dengan optimal dan begitu pula sebaliknya ada individu yang belum optimal dalam mengatur dirinya. Kemampuan mengatur diri ini disebut dengan regulasi diri. Regulasi diri yang diterapkan dalam proses pembelajaran dikenal sebagai regulasi diri dalam belajar. Regulasi diri dalam belajar adalah kemampuan peserta didik dalam mengatur proses belajarnya sendiri sehingga peserta didik dapat merencanakan, memonitor, mengevaluasi proses belajar mereka secara mandiri. Peserta didik perlu memiliki regulasi diri dalam belajar yang baik agar prestasi atau hasil belajarnya akan lebih optimal. Untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar pada peserta didik, perlu adanya kolaborasi antara guru BK, guru mata pelajaran dan pimpinan sekolah. Hal ini sejalan dengan peran guru BK untuk memfasilitasi setiap perkembangan peserta didik. Layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar pada peserta didik antara lain bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok dan konseling individual. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta alternatif strategi layanan yang dapat digunakan oleh konselor atau guru BK dalam memberikan layanan mengenai regulasi diri dalam belajar. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review atau tinjauan pustaka.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati A., & Saputra, W. N. E. (2023). Konseling kelompok dengan teknik simbolik: Strategi untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa. dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 395-401)

Asmawati, O. (2017). Efektivitas Konseling Individual dengan Teknik Self Management dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung].

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur Review; Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 2.

Feist, G. J. (2016). Intrinsic and Extrinsic Science: A Dialectic of Scientific Fame. Perspectives on Psychological Science, 11(6), 893–898.

Heriyanti, I. P., & Bhakti, C. P. (2022). Strategi Layanan Bimbingan Klasikal Blended Learning Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 2.

Hidayati, B. M. R. (2018). Efektifitas Pelatihan Self Management sebagai Upaya Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas VII MTs Sunan Ampel Pare. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), 1.

Husainiah, S. H., Flurentin, E., & Ramli, M. (2020). Keefektifan Konseling Kelompok Behavioral Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Siswa SMA yang Tinggal di Pondok Pesantren. Teacher in Educational Research, 2(2), 2.

Khafidhoh, I., & Purwanto, E. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Pada Siswa Smp N 13 Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2).

Khasanah, N., & Mufidah, E. F. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa di SMP Negeri 2 Sukodono. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(3).

Kristiyani, T. (2016). Dari Trilogi ke Ekalogi: Dinamika Sumbangan Motivasi Belajar, Metakognisi dan Strategi Kognisi bagi Prestasi Matematika Siswa Kelas IX SMP [PhD Thesis, Universitas Gadjah Mada].

Lumongga, D. N. (2017). Konseling Kelompok. Kencana.

Manab, A. (2016). Memahami Regulasi Diri: Sebuah Tinjauan Konseptual.

Prayitno, E. A. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Primavera, A. A., & Andriyanto, R. E. (n.d.). Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Assertive training Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar.

Sa’dah, N. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Homework Assignment untuk Meningkatkan Self Regulation Learning Siswa Kelas VIII SMPN 9 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 4(1), 1.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. (2011). Handbook of self-regulation of learning and performance. Taylor & Francis.

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory Into Practice.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.