Keefektifan konseling kreatif permainan bentengan untuk mengurangi agresivitas pada siswa menengah

Farid Gunawan, Hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah keefektifan konseling kreatif melalui Permainan Bentengan dalam mengurangi agresivitas peserta didik. Agresivitas di kalangan remaja sering mengganggu proses belajar mengajar dan interaksi sosial di sekolah. Permainan Bentengan dipilih karena sifatnya yang kompetitif dan melibatkan interaksi sosial, sehingga diharapkan dapat membantu peserta didik mengendalikan emosi dan mengurangi perilaku agresif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kreatif dengan permainan Bentengan efektif dalam mengurangi agresivitas peserta didik. Terdapat penurunan signifikan pada perilaku agresif, baik verbal maupun fisik, setelah diberikan intervensi konseling kelompok. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru Bimbingan dan Konseling serta sekolah dalam mengembangkan metode intervensi kreatif dan menyenangkan untuk mengatasi masalah perilaku agresif. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya inovasi dalam metode konseling di sekolah dan manfaat penggunaan permainan tradisional sebagai alat bantu dalam proses konseling. Temuan ini diharapkan menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dan praktik konseling di lingkungan pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018). Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93. https://doi.org/10.26638/jfk.507.2099

Ambarwati A., & Saputra, W. N. E. (2023). Konseling kelompok dengan teknik simbolik: Strategi untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa. dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 395-401).

Barida, M., & Prasetiawan, H. (2018). Urgensi Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 27. https://doi.org/10.26638/jfk.439.2099

gladding. (2021). The Creative Arts in Counseling.

Harahap, Z. (2021). EFEKTIFITAS KONSELING TEKNIK KREATIF DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMAN 9 KOTA JAMBI. 1(1), 61–67.

Muhrifky. (2021). THE EFFECTIVENESS OF TRADITIONAL TRADITIONAL GAMES. 62–69.

Mustafa, P. S., Islam, U., & Mataram, N. (2024). Perkembangan Peserta Didik dalam Pembelajaran (Issue December 2023).

Nurul, A., & Devi, R. (2022). HUBUNGAN PEER INFLUENCE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SUNGAI PENUH, KERINCI. 1992.

Pratiwi, D. A. Y. U., Pascasarjana, D. P., & Malang, U. M. (2023). Game play therapy dengan media permainan tradisional untuk meningkatkan kontrol diri pada anak dengan perilaku agresi.

Putryani, S., Situmorang, N. Z., Bashori, K., Syuhada, M. N., Studi, P., Psikologi, M., Psikologi, F., & Dahlan, U. A. (2021). Perilaku agresif siswa dilihat dari regulasi emosi.

Sekar, P. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Remaja. 14(1), 27–31.

Sulistianingsih, T. A., Amanda, R., Rini, P., & Saragih, S. (2023). Perilaku agresivitas pada remaja : kematangan emosi dan kohesivitas Menguji peranan Pendahuluan. 2(4), 782–794.

Wanty, K. (2022). KEMUNCULAN PERILAKU AGRESIF PADA USIA REMAJA. 11, 99–112.

Tuasikal, J. M. S., Pautina, M. R., & Idriani, I. (2023). Penerapan Teknik Konseling Kreatif Berwawasan Budaya Untuk Mencegah Perilaku Perundungan Pada Siswa. Jurnal Pengabdian …, 01(02), 49–56. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/2538%0Ahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/2538/608

Nisa, R. M. (2020). Dakon Perdamaian : Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Agresivitas Siswa.

Megarina, Y. (2021). Pemanfaatan Play And Humor Sebagai Terapi Dalam Konseling. December. https://doi.org/10.31234/osf.io/3gskr

Damanik, D. A., Fadila, R., & Plisna, C. (2024). Pengembangan Teknik Konseling kreatif untuk Meningkatkan Efektivitas Konselor. 03(01), 103–111.

Abidah, A. F., Dewi, N. K., Pg-paud, P. S., Pgsd, P. S., & Maret, U. S. (2021). SIKAP KERJASAMA MELALUI PERMAINAN BENTENGAN Pada Anak Usia 5-6 Tahun menyesuaikan diri dengan norma-norma dalam penelitian ini yaitu perkembangan usia 5 sampai 6 tahun dapat dikembangkan karena dapat meningkatkan kemampuan.

Dwi, W. (2023). PENERAPAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG JARING-JARING MAKANAN PADA PEMBELAJARAN IPAS SD KELAS 5 SDN ORO-ORO OMBO 02 BATU TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Dwi. 2(1), 379–405.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.