Layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning untuk meningkatkan kepemimpinan pengurus ipm sma muhammadiyah imogiri

Hervinda Listiyawati, Ariadi Nugraha

Abstract


Kepemimpinan merupakan kualitas yang sangat penting dalam pengembangan individu, terutama di lingkungan pendidikan. banyak siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Imogiri memiliki tingkat kepemimpinan yang rendah hingga sedang baik dalam situasi individu maupun kelompok. Hal ini tercermin dari kurangnya keberanian dalam mengatur dan memimpin kegiatan di dalam organisasi. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, serta membentuk generasi yang berkualitas, guru perlu melakukan tindakan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan pada diri peserta didik, salah satuya dengan Bimbingan Kelompok Teknik Experiential Learning. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik experiential learning dapat meningkatkan kepemimpinan pengurus IPM di SMA Muhammadiyah Imogiri. Pada penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian ini bimbingan kelompok dengan teknik Experiential Learning bukan hanya sekadar metode belajar, tetapi juga merupakan sarana yang efektif untuk membentuk kepemimpinan yang tangguh dan kompeten pada siswa


Full Text:

PDF

References


Aji, K. A., & Saputra, W. N. E. (2023). Pendekatan konseling teknik rational emotive behavioral therapy (REBT) untuk mengatasi perilaku self injury pada siswa. dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 460-466).

Fithriyah. (2019). Pengaruh Model Experiental Learning Terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital di SMKN 2 Bangkalan.

Hakim. (2019). keterampilan berpikir gambar tinggi siswa kelas I dengan model (experiental learning) pada materi titrasi asamm basa.

Hapsari, S., & Christine Mamahit, H. (2023). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SEPULUH SISWA KELAS VIII SMP TARAKANITA GADING SERPONG. 21, 84–105. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i2.4930

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. UD DUTA SABLON.

Haudi. (2022). Manajemen Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/issue/archive

Kurniawan, R. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA YANG BERDAMPAK PADA PRESTASI KERJA.

Latif. (2021). Pengaruh Penerapan mmodel experiental learning terhadao hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN INPRES.

Latifah, Z. (2021). PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI.

Nahnudin, N., Fauji, A., & Firdaos, R. (2023). Tipe dan Ide Kepemimpinan Adaptif Terhadap Solusi Konflik Organisasi. TADBIR MUWAHHID, 7(1), 85–108. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.8127

Ningrum. (2019). Pengaaruh Model Pembelajaran Exxxperiental Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP IT Ar Ridho Set Menccirim tahun pelajaran 2019/2020.

Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, P. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas | i.

Pranoto, H., Wibowo, A., & Atieka, N. (2017). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MAHASISWA PRODI BK MENGUNAKAN MEDIA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) BASIS SOCIAL MEDIA. 7(2).

Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Rahabav. (2021). Pengarh Pembelajaran Experiental Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa IKRA-ITH Humaniora.

Rofiah, N. (2016). MENERAPKAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.

Sugiyono. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Alfabeta.

Suryanti. (2014). Program Bimmbingan dan Konseling di SMP.

Susatya, E. (t.t.). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN.

Syadzili MFR. (2018). Model Kepemimpinan dan Pengembangan Potensi Pemimpin Pendidikan Islam. 4.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT. Raja Grafino.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.