Keefektifan konseling kreatif drama bermuatan penokohan wisanggeni untuk mengurangi kecemasan sosial perserta didik

Akbar Iswahyudi, Hardi Prasetiawan

Abstract


Kecemasan sosial di kalangan perserta didik di PPM MBS menjadi perhatian penting, terutama dalam konteks adaptasi mereka terhadap lingkungan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecemasan sosial yang dialami perserta didik, dengan fokus pada proses adaptasi mereka di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan survei terhadap perserta didik baru di PPM MBS, dengan jumlah responden sebanyak 100 perserta didik berusia 15-18 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah Skala psikologi yang diadaptasi dengan aspek yang dikemukakan nevid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perserta didik yang merasa terasing atau kurang memiliki dukungan sosial cenderung melaporkan tingkat kecemasan yang lebih tinggi. Temuan ini menyoroti pentingnya dukungan sosial dan program orientasi yang efektif untuk membantu perserta didik beradaptasi dengan lingkungan baru, guna mengurangi kecemasan sosial yang mereka alami. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik dan pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung bagi perserta didik baru

Full Text:

PDF

References


Aji, K. A., & Saputra, W. N. E. (2023). Pendekatan konseling teknik rational emotive behavioral therapy (REBT) untuk mengatasi perilaku self injury pada siswa. dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 460-466).

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Bakhtiar, M. I., Saman, A., & Aryani, F. (2017). Mengatasi Kecemasan Sosial Melalui Pendekatan Behavioral Rehearsal. https://doi.org/10.31227/osf.io/qjerf

Dean, E. (2016). Anxiety. Nursing Standard, 30(46), 15–15. https://doi.org/10.7748/ns.30.46.15.s17

Gladding, S. T. (2021). The creative arts in counseling (Sixth edition). American Counseling Association.

Herlina, U. (2015). TEKNIK ROLE PLAYING DALAM KONSELING KELOMPOK. 2(1).

La Greca, A. M., & Lopez, N. (1998). Social anxiety among adolescents: Linkages with peer relations and friendships. Journal of abnormal child psychology, 26, 83-94.

Munadlir, A. (2016). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 114. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a6030

Mutia, H., & Hargiana, G. (2021). Future Anxiety in Students of Communication and Islamic Broadcasting Program: The Correlation with Resilience. Journal of Public Health Research, 10(1_suppl), jphr.2021.2401. https://doi.org/10.4081/jphr.2021.2401

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2003). Abnormal psychology in a changing world. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Nur’aeni, Y., & Fitri, S. Y. R. (2024). E-ISSN 2549-8118; p-ISSN 2085-1049 http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan. 16(2).

Oktapiani, N. (2018). GANGGUAN KECEMASAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERAPI.

Ramli, M. (t.t.). HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK. 2015.

Rayssa Giovan Azaria & Nandy Agustin Syakarofath. (2024). Peran adverse childhood experience terhadap kecemasan sosial pada remaja. Cognicia, 12(1), 39–45. https://doi.org/10.22219/cognicia.v12i1.30469

Setiawan, E. D., Mahendra, F. H., Herawatie, N. S., & Kusmawati, A. (2024). Analisis Tingkat Pengangguran Sebagai Masalah Sosial Yang Tak Kunjung Usai.

Sitompul, L. K., Stevani, L. D., Fauziah, R., & Putri, V. T. (2021). Implementasi Teknik Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial Anak Usia Dini. 5(02).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Vera, S., Handayani, A., & Dian, M. A. P. (2024). DAMPAK KEHILANGAN ORANG TUA TERHADAP KECEMASAN PADA PERSERTA DIDIK DI MA AL-WAKHIDIYAH KARANGAWEN DEMAK. 1.

Zaleski, Z., Sobol-Kwapinska, M., Przepiorka, A., & Meisner, M. (2019). Development and validation of the Dark Future scale. Time & Society, 28(1), 107–123. https://doi.org/10.1177/0961463X16678257


Refbacks

  • There are currently no refbacks.