Konseling kelompok dalam meningkatkan penyesuaian diri santri di pondok pesantren
Abstract
Peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) menjadi salah satu faktor pendukung bagi santri baru dalam mencapai kemandirian. Oleh karena itu, ada atau tidaknya peran guru BK menjadi penting dalam menunjang kemandirian santri. Tujuan dari penelitian ini yaitu upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan penysuaian diri santri di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian literatur melalui penelusuran dan penelitian kepustakaan dengan membaca berbagai buku,jurnal, dan terbitan-terbitan lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri santri baru di pondok pesantren, guru bimbingan dan konseling (BK) memiliki peran yang penting. Santri yang baru memasuki pondok pesantren menghadapi tantangan besar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang sangat berbeda dari lingkungan keluarga mereka sebelumnya. Kegagalan dalam beradaptasi dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi santri baru di pondok pesantren. Penyesuaian diri memegang peranan penting dalam perkembangan santri di lingkungan barunya. Berdasarkan penelitian terdahulu, masalah penyesuaian diri merupakan permasalahan utama yang dihadapi oleh siswa baru. Oleh karena itu, guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan kemampuan penyesuaian diri santri baru di pondok pesantren. Guru bimbingan dan konseling (BK) di pondok pesantren dapat berperan penting dalam memfasilitasi proses adaptasi santri baru agar dapat menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan pondok pesantren.
Full Text:
PDFReferences
Alwi, H. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Aulia, F. (2014). Kuesioner Checklist Masalah Santri dan Layanan Bimbingan Konseling yang Dibutuhkan (Studi di SMP Muhammadiyah Boarding School). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Folastri, S., & Itsar, B.B. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press.
Hurlock, E.E. (N.D.). Psikologi Perkembangan.
Jasman, J., Fadhillah, K., & Rosdialena, R. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri di Asrama. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4285-4298.
Jasman, J., Fadhillah, K., & Rosdialena, R. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri di Asrama. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4285-4298.
Kasna, W. O., Muharam, L. O., & Binasar, S. S. (2020). Pengaruh layanan informasi terhadap penyesuaian diri siswa. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 107-116.
Kusnadi, A. (2019). Nilai-Nilai Keragaman pada Pancasila perspektif Al-Quran Surah Al-Hujurat Ayat 13. Al Qalam, 7(2).
Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 85-104.
Marzali, A. (2016). Menulis kajian pustaka. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Meilani, N., & Saputra, W. N. E. (2023). Intervensi psikoedukasi ajaran Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al -Muta’llim untuk menanamkan etika kesopanan siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1299-1310).
Ningsih, K. S. U., & Habsy, B. A. (2021). Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa SMP. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-16.
Palmer, Stephen. (2016). Konseling dan Psikoterapi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. II.
Purwaningsih, S. (2019). Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy di Sekolah. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(1), 1-18.
Rahmawati, R., & Insan, I. (2021). Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Kepatuhan Pada Santri Pondok Pesantren Modern SMK Al Kahfi Sumbawa. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi dan Pendidikan, 4(2), 73-78.
Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Penilaian Konseling Kelompok. Deepublish.
Sitorus, P. R. (2019). Implementasi Metode Client Centered dalam Mengatasi Masalah Penyesuaian Diri Santri di MA Pesantren Modern Daar Al Uluum Asahan-Kisaran. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Sitorus, P. R. (2019). Implementasi Metode Client Centered dalam Mengatasi Masalah Penyesuaian Diri Santri di MA Pesantren Modern Daar Al Uluum Asahan-Kisaran. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.
Syafe’i. Imam. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 8).
Yusra, G., & Daharnis, D. (2019). Students' Adaptation to Pre-Puberty in University Negeri Padang’s Lab-School and its Implications in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(3).
Zarisman, E., & Karneli, Y. (2022). Layanan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Teraphy (CBT) untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri pada Siswa SMA: Array. eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 421-432.
Refbacks
- There are currently no refbacks.