Problematik bimbingan dan konseling: Konselor menggunakan layanan konseling sebagai ajang komersial

Karina Maura Nurhaliza, Siti Muyana

Abstract


Pemanfaatan teknologi oleh guru bimbingan dan konseling dalam menyampaikan layanan dapat dengan menggunakan aplikasi-aplikasi media sosial sebagai media atau metode yang dapat digunakan dalam pemberian layanan. Sehingga, pemberian layanan tidak terkesan membosankan dan peserta didik dapat bersemangat ketika mengikuti layanan. Studi bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat penggunaan media sosial dalam layanan bimbingan dan konseling disekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur jenis descriptive review. Beberapa sumber yang digunakan dalam peneliti studi ini berasal dari artikel jurnal-jurnal penelitian yang ada dalam database google scholar. Hasil studi menunjukkan penggunaan media sosial mampu memberikan manfaat bagi layanan bimbingan konseling seperti mampu meningkatkan keaktifan siswa, kreativitas, kemampuan berpikir kritis siswa. Kemudian manfaat bagi media layanan bimbingan dan konseling seperti layanan yang lebih menarik, siswa menjadi aktif, layanan yang diberikan menjadi lebih menarik dan interaktif, lebih menghemat waktu, materi dapat diakses oleh siswa kapan dan dimanapun, menciptakan sikap positif serta membuat guru bimbingan dan konseling menjadi produktif. Jadi, dapat disimpulkan penggunaan media sosial dapat memberikan manfaat dalam layanan bimbingan dan konseling.


Full Text:

PDF

References


Adyastri, S. Y., Hartini, S., Agungbudiprabowo, & Siswanti, R. (2022). Instagram Sebagai Media Substitusi Papan Bimbingan Untuk Generasi Z. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).

Amir Anggeraja, R., Supriyanto, A., Suprihatin, B., Faizarahma, I., & Sajidulloh. (2022). MANFAAT TIKTOK SEBAGAI MEDIA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING. Consilia; Jurnal Ilmiah BK. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia

Anwar, F. (2022). Generasi Alpha: Tantangan dan Kesiapan Guru Bimbingan Konseling dalam Menghadapinya. Jurnal At-Taujih; Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(2).

Arya Yudaparmita, G. N., & Surya Andyana, K. (2020). Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran jarak Jauh dan Profesionalisme Guru. Widya Kumara; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar di MA Miftahul Ishlah Tembelok. ISLAMIKA, 4(3), 421–432. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1977

Cahyani, L., & Herdi, H. (2023). Penggunaan Media Sosial Instagram Untuk Mengemb


Refbacks

  • There are currently no refbacks.