Strategi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying verbal di sekolah

Wina Noor Haniifah, Aprilia Setyowati

Abstract


Bullying verbal di sekolah merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan psikososial peserta didik. Bimbingan konseling  diidentifikasi sebagai strategi utama dalam menghadapi masalah ini. Studi literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi layanan bimbingan konseling  yang efektif untuk mengatasi bullying verbal di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif meliputi penerapan program layanan bimbingan konseling  bagi peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan bullying, penguatan perilaku pro-sosial, pendekatan konseling kelompok maupun individual, serta kolaborasi aktif dengan orang tua dan pihak sekolah yang terkait. Penelitian ini menjelaskan bahwa integrasi strategi bimbingan konseling  yang holistik dan berkelanjutan dapat menjadi landasan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung, di mana bullying verbal dapat diatasi secara efektif.

Full Text:

PDF

References


Adiyono, Adiyono, Adiyono Adiyono, Irvan Irvan, and Rusanti Rusanti. 2022. “Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(3): 649.

Alfiah, N., Maskhur, M., Subhi, M., & Muslih, M. (2022). Group Guidance Using Rational Emotive Behavior Therapy Approach To Reduce Verbal Bullying. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling.

Amalia, R., & Prihastuti, D. (2018). Efektivitas Program Bimbingan konseling dalam Mengurangi Perilaku Bullying di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan konseling , 7(1), 23-35.

Arifin, M., & Lestari, Y. (2019). Peran Konselor dalam Mengatasi Dampak Psikologis Bullying Verbal pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 6(2), 109-123.

Bahiroh, S. (2024). Strategi Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Verbal Siswa. Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 55-63.

Fadilah, R., & Rahman, D. (2020). Penggunaan Media Digital dalam Layanan Bimbingan untuk Menangani Cyberbullying di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(4), 98-112.

Handayani, T., & Pramono, E. (2018). Pendekatan Psikologis dalam Program Konseling untuk Mengatasi Bullying Verbal di Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Anak, 11(1), 34-48.

Hartono, B., & Susanto, Y. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Bullying Verbal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(1), 112-126.

Kusuma, A., & Handayani, T. (2018). Peran Guru Bimbingan konseling dalam Mengatasi Bullying Verbal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 134-150.

Laily Puji Astuti. (2023). Peran Guru Bimbingan konseling Dalam Mengatasi Bullying Verbal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan konseling , 2(1).

Nugroho, A., & Wulandari, S. (2019). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Menurunkan Perilaku Bullying Verbal di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(3), 56-69.

Nurmala Hayati, & Fadhilla Yusri. (2023). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Smpn 1 Enam Lingkung Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 26–42.

Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).

Prasetyo, B., & Anggraini, R. (2022). Pendekatan Konseling Multikultural dalam Penanganan Bullying Verbal pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(4), 90-101.

Rahmawati, D., & Hidayat, A. (2021). Implementasi Program Anti-Bullying melalui Layanan Bimbingan konseling di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 102-115.

Setiawan, E., & Sari, I. (2019). Peran Konselor Sekolah dalam Penanganan Kasus Bullying Verbal di Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(2), 45-58.

Soleha, Satria Jaya, W., & Agung Juwantara, R. . (2023). Peran Guru Bimbingan konseling dalam Mengurangi Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Melalui Teknik Cognitive Restructuring di Smp Al – Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 5(1), 145–156.

Sutanto, E., & Maryani, T. (2021). Pendekatan Kolaboratif dalam Layanan Bimbingan konseling untuk Mengatasi Bullying Verbal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konseling Edukatif, 12(1), 78-92.

Widodo, S., & Astuti, R. (2021). Evaluasi Program Bimbingan konseling dalam Penanganan Bullying Verbal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(3), 145-159.

Wijayanti, A., & Rahardjo, S. (2023). Pengaruh Program Bimbingan konseling terhadap Penurunan Perilaku Bullying Verbal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 87-101.

Yuliana, S., & Wardhani, L. (2020). Strategi Intervensi Bimbingan konseling untuk Mengatasi Bullying Verbal di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(3), 77-89.

Zulkarnain, A., & Mahmudah, S. (2022). Strategi Pendekatan Sosial dalam Layanan Konseling untuk Mengatasi Bullying Verbal di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Sosial, 14(1), 67-81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.