prokrastinasi akademik terhadap prestasi akademik peserta didik di sma

Pramardiyanti Fitriana, Siti Muyana

Abstract


Prokrastinasi akademik adalah kebiasaan penundaan tugas baik untuk memulai maupun mengerjakan tugas yang dilakukan secara berulang kali hingga melebihi batas pengumpulan yang telah ditentukan. Prokrastinasi termasuk dalam perilaku negatif yang abai dalam menyelesaikan tugas, mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, dan tidak memperhatikan selama proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil studi dilapangan, terlihat bahwa terdapat peserta didik yang mengalami prokrastinasi akademik. Penundaa yang dialami peserta didik yakni menunda dalam menyelesaikan tugas serta tidak memperhatikan guru selama proses pembelajaran sehingga berakibat pada proses pembelajaran peserta didik di sekolah. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi akademik berdampak pada capaian prestasi akademik peserta didik. Hasil dari studi ini menujukkan jika tingginya tingkat prokrastinasi akademik berpengaruh pada penurunan prestasi akademik. Sedangkan rendahnya tingkat prokrastinasi akademik juga akan berpengaruh pada keseimbangan prestasi akademik.


Full Text:

PDF

References


Akpur, U. (2020). International Journal of Educational Methodology The Effect of Procrastination on Academic Achievement : A Meta-Analysis. 6(4), 681–690. https://doi.org/10.12973/ijem.6.4.681

Alimuddin, & Dassa, A. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar , Kecemasan Matematika , dan. 6(2), 141–147.

Aprilnayendi, M. (2015). UNDERACHIEVER DAN IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BK ( Studi Deskriptif Pada Kelas X di SMA Adabiah 2 Padang ) JURNAL Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( STRATA 1 ) MEZI APRILNAYENDI PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONS.

Arnani, Muji Sih, Santosa, H. (2022). KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LENGKONG TAHUN PELAJARAN. 3(2), 374–378.

Asmaraningrum Eva, B. M. (2021). Kemanjuran teknik self contract dalam konseling kelompok untuk mereduksi prokrastinasi tugas. 1418–1429.

Asrori Penerbit, & Persada, P. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner (2020th ed.). Pena Persada.

Burhan, I. N. (2019). PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). 1–10.

Fernando, F., & Rahman, I. . (2016). KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) UNTUK MEMBANTU MENYEMBUHKAN PERILAKU PROKRASTINASI MAHASISWA. 2(July), 215–236.

Jones, I. S., & Blankenship, D. (2021). ScholarWorks @ UTRGV Year two : Effect of procrastination on academic performance of undergraduate online students Year two : Effect of procrastination on academic performance of undergraduate online students.

Junita, E. D., Yuwono, D., & Sugiharto, P. (2014). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 17–23.

Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).

Laia, B., Florina, S., Zagoto, L., Venty, Y. T., Duha, A., Telaumbanua, K., Sari, I. P., Ziraluo, M., Duha, M. M., & Laia, B. (2022). KABUPATEN NIAS SELATAN. 1, 162–168.

Makbul, M., & Farida, N. A. (2023). Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam. 4(1).

Muyana, S., & Dahlan, U. A. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. 8(1), 45–52. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Nafeesa, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884

Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Di Sma Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 31–39. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.371

Novarita, E. (2014). Jurnal Konseling dan Pendidikan. 20, 9–13.

Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa ( Academic procrastination reduce students achievement ). 1(1), 154–159.

Sahaya Ami, D. E., & Yuniantaq, T. N. H. (2020). Profil Karakter Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 414–423. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.241

Suhadianto, Partitis, N. (2020). Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266

Wahyuningtyas, S. A., & Setyawati, S. P. (2021). Pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Tulungagung. Semdikjar 4, 2021(4), 708–716.

Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa. 2, 67–73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.