Peran konselor dalam mengelola intensitas penggunaan tiktok di kalangan remaja

Apriliani Istiqomah, Aprilia Setyowati

Abstract


Salah satu situs jejaring sosial yang paling populer di kalangan remaja di era digital saat ini adalah TikTok. TikTok merupakan sumber hiburan dan ruang untuk kreativitas, tetapi penggunaan berlebihannya dapat memberikan efek buruk pada kesehatan mental, prestasi akademis, dan interaksi sosial remaja. Penting bagi konselor untuk membantu remaja dalam mengendalikan intensitas penggunaan aplikasi TikTok. Peran Guru BK dalam hal ini dapat membimbing dan mendidik remaja dalam menggunakan media sosial dengan cara yang sehat, serta membuat program dan intervensi yang meminimalkan dampak buruknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran konselor dalam konteks mengelola intensitas penggunaan aplikasi TikTok, mengembangkan strategi yang efektif dan mengatasi tantangan yang dihadapi dalam mendukung kesejahteraan generasi muda di dunia era digital. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan menganalisis artikel yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini terdapat tujuan yang beragam dalam penggunaan aplikasi TikTok. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok dengan intensitas yang sesuai dapat memiliki dampak positif, khususnya dalam konteks layanan bimbingan dan konseling.


Full Text:

PDF

References


Anggeraja, R. A., Supriyanto, A., Suprihatin, B., & Faizarahma, I. (2022). Manfaat Tiktok sebagai Media dalam Layanan Bimbingan Konseling. Consilia Jurnal Ilmiah BK, 5(3), 197–206. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia

Aresti, N. G., Lukmantoro, T., & Ulfa, N. S. (2023). Pengaruh Tingkat Fear of Missing Out (FoMO) dan Tingkat Pengawasan Orang Tua terhadap Tingkat Kecanduan Penggunaan TikTok pada Remaja. Jurnal Interaksi Online, 11(3), 272–284. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/39961

Astuti, E., & Andrini, S. (2021). Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Imitasi Remaja. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 134–136.

Fauzi, T., Sarantina, F., & Sari, S. P. (2022). Efektivitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Menggunakan Aplikasi Tiktok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa di Depan Kelas (Di SMP N 24 Palembang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1950–1958. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5661

Hadi, S. W., & Alfarobi, I. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Metode Utaut 2. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(1), 103–111. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1011

Khairunnisa, D., Rofiqah, T., & Yanizon, A. (2023). Efektifitas Layanan Informasi Melalui Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Persepsi Positif Peserta Didik Yang Rendah Terhadap Guru Bk. 2(10), 123–130.

Kurnia, A., & Afifah. (2020). Penerapan Bimbingan Teman Sebaya (BTS) Berbasis Media Sosial Whatsapp dalam Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Balai Riam. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(2), 137–142.

Kuss, M. (2017). Social networking sites and addiction: Ten lessons learned. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3), 1–23. https://doi.org/10.3390/ijerph14030311

Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).

Mala, S, B, I. (2021). Teknik Self Management Untuk Menangani Kecanduan Aplikasi Tik Tok Pada Seorang Remaja Di Desa Sumberjo Kediri. 21(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%

Montag, C., Yang, H., & Elhai, J. D. (2021). On the Psychology of TikTok Use: A First Glimpse From Empirical Findings. Frontiers in Public Health, 9(March), 1–6. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.641673

Rezki, G. (2023). Penggunaan Aplikasi TikTok Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas XI Di SMAIT Al-Fityan. International Journal of Technology, 47(1), 100950. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2019.01.002%

Safitri, N., Pandang, A., Harum, A., & Abstrak, A. I. (2023). Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Self Management Untuk Mengatasi Kecanduan Tiktok Di Sman 1 Unaaha. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(2), 179–190. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Saputra, G. G., & Fadhilah. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen Inovasi, 17(3), 505–512. http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6920

Savira Amadhea, A., & Lathifah, S.Pd., M.Pd., M. (2021). Efektivitas Layanan Informasi Dalam Bimbingan Kelompok Dengan Media Tik Tok Untuk Meningkatkan Self Concept Siswa. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 38(1), 17–25. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no1.a3401

Sheila, S. Fauzi, Z. Ridhani, A, R. (2020). Model Bimbingan Kelompok Berbantuan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Di Sma Banjarmasin.

Turuba, R., Cormier, W., Zimmerman, R., Ow, N., Zenone, M., Quintana, Y., Jenkins, E., David, S.-B., Raimundo, A., Marcon, A., Mathias, S., Henderson, J. L., & Barbic, S. (2023). Exploring How Youth Use TikTok for Mental Health Information in British Columbia, Canada: A Qualitative Study (Preprint). JMIR Infodemiology. https://doi.org/10.2196/53233

Udenze, S., & Uzochukwu, C. E. (2021). Promoting Mental Wellbeing: Young Adults’ Experience on TikTok during the COVID-19 Pandemic Lockdown in Nigeria. Interações: Sociedade e as Novas Modernidades, 40, 9–28. https://doi.org/10.31211/interacoes.n40.2021.a1

Wardah, A., Prasetya, M. E., & Akbar, A. (2020). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengurangi Penggunaaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa Smp Negeri 23 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Konseling Mahasiswa BK An-Nu, 2(2), 1–5. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Zikraiyah, Z. (2021). Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Layanan Bk Dengan Menggunakan Video Tiktok Di Smk Negeri 4 Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i2.3431


Refbacks

  • There are currently no refbacks.