Analisis bibliometrik: Penelitian kecemasan akademik tahun 2014 – 2024
Abstract
Sopan pembelajaran di sekolah dapat terlaksana karena ke strukturan Pendidikan salah satu struktur yang sangat penting adalah peserta didik. perlu di tingkatkan lagi terkait value dari peserta didik dengan berbagaimacam cara contihnya bimbingan konseling. Pada penelitian ini berfokus pada analisis data bibliometric terhadap kecemasan akademik. Berdasarka hasil penelitian di dapatkan hasil yaitu penelitian yang mengarah pada kecemasan akademik sudah banyak tetapi apabila di hubungkan dengan eficiacy masih jarang maka dari itu untuk penelitian selanjutnya akan di tambahkan pengaruhnya terhadap sef eficiacy
Full Text:
PDFReferences
Adityawarman, L. P. (2020). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165–177.
Al Khair, M. R. (2023). Efektivitas Teknik Role Playing Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Academic Burnout Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Imarah [PhD Thesis, UIN Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34407/
Anggraini, M. (2017). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAINAN KUNTUM MELATI KEDATON BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2432
Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278–298.
Arumiyah, S., Djannah, M., & Habsy, B. A. (2018a). Manfaat bimbingan kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 1(2), 140–153.
Astuti, N. W., Yuline, Y., & Wicaksono, L. (n.d.). Analisis pemahaman fungsi bimbingan konseling pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(2). Retrieved May 27, 2024, from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/39329
AYU, I. P. (2021). PENGARUH KONSELING KOGNITIF PERILAKU DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 BANDAR SRIBAWONO LAMPUNG TIMUR [PhD Thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/14413/
DWIRANDY, N. B. (2012). Kecemasan Akademik ditinjau dari Kepercayaan Diri [PhD Thesis, Unika Soegijapranata Semarang]. http://repository.unika.ac.id/5722/1/08.40.0100%20Nathania%20Beatrice%20Dwiriandy%20COVER.pdf
Els, V., Brouwers, M., & Lodewyk, R. B. (2021). Quality of work life: Effects on turnover intention and organisational commitment amongst selected South African manufacturing organisations. SA Journal of Human Resource Management, 19. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v19i0.1407
Fadillah, G. F. (2013a). Meningkatkan Pengendalian Diri Penerima Manfaat Melalui Bimbingan Kelompok Di Balai Rehabilitasi Mandiri. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/jbk/article/view/2121
Fatimah, H., Ardini, F. M., & Fikriyani, D. N. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Self Esteem siswa. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 28–36.
Fitriani, E., & Zulfikar, E. (2018a). Manfaat bimbingan kelompok dalam meningkatkan etika komunikasi siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 67–72.
Gianasari, D. S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Tindak Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Melalui Kecemasan Akademik. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/81105/
Gragnano, A., Simbula, S., & Miglioretti, M. (2020). Work–life balance: Weighing the importance of work–family and work–health balance. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(3), 907.
Hanan, H. A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII. C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 62–72.
Handayani, S., & Khairi, M. (2022). Study on the Role of Quality of Work Life and Leadership on Employee Performance. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 24–27.
Hartanti, J. (2022c). Bimbingan kelompok. Duta Sablon. https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3932/1/BIMBINGAN%20KELOMPOK%20Dr.%20JAHJU%20HARTANTI,%20M.%20Psi.%20.pdf
Hasanah, I., Sa’idah, I., Fakhriyani, D. V., & Aisa, A. (2022b). Bimbingan Kelompok: Teori dan Praktik. Duta Media Publishing. http://repository.iainmadura.ac.id/745/
Irawanto, D. W., Novianti, K. R., & Roz, K. (2021). Work from home: Measuring satisfaction between work–life balance and work stress during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Economies, 9(3), 96.
Irman, I. (2015). Pengelolaan kecemasan akademik siswa melalui pelatihan regulasi emosi. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 62–71.
Ishtifa, H. (2011). Pengaruh self-efficacy dan kecemasan akademis terhadap self-regulated dan learning mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1790
Kelliher, C., Richardson, J., & Boiarintseva, G. (2019). All of work? All of life? Reconceptualising work‐life balance for the 21st century. Human Resource Management Journal, 29(2), 97–112. https://doi.org/10.1111/1748-8583.12215
Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).
Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1), 50–60.
Laely, N., Wicaksono, A. S., & Puspitaningrum, N. S. E. (2022). Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4566
Refbacks
- There are currently no refbacks.