Strategi layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemandiria belajar siswa di sekolah menengah atas (sma)
Abstract
Berdasarkan observasi penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik masih rendah, hal ini terlihat dari peserta didik masih memntingkan bermain gadget daripada belajar, sikap acuh tak acuh terhadpa belajar dan kurangnya motivasi untuk meningkatkan minat belajar pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka atau sering disebut dengan studi literatur. Studi literatur menjadi proses mengumpulkan sumber bacaan, jurnal meupun buku yang dilakukan dengan cara mencari, dan dilanjutkan dengan menganalisis isi dari sumber bacaan sesuai dengan fokus masalah yang dibahas. Selain itu juga dapat mempergunakan buku, jurnal ilmiah, prosiding, sekaligus sumber intenet atu dikenal online sebagai kajian pustaka. Keandirian belajar adalah proses yang menuntut individu agar inisitif dalam menentukan kegiatan belajar, termasuk menetapkan tujuan pembelajaran, refernsi belajar yang dapat berupa orang ataupun materi, mendiagnosis kebutuha belajar, mengelola tujuan pembelajaran (Ananda & Hayati, 2020). Menurut Haris Mujiman (dalam Ansori, 2020) belajar mandiri adalah kegiatan yang digerakkan oleh motivasi untuk dapat menyelesaikan permasalahan dan membangun pengetahuan atau keahlian yang dimilikinya. Kemandirian belajar dapat diukur melalui inisiatif dalam merencanakan strategi belajar, mngeatur diri sendiri, tidak bergantung dengan orang lain.
Full Text:
PDFReferences
Aulia, F., Kamaria, K., & Musifuddin, M. (2022). Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Konsep Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 5(2), 78–89. https://doi.org/10.29408/jkp.v5i2.4965
Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645
Hamsina, S., Bahri, A., Negeri, S., Negeri, S., Barru, Mt., & Studi Magister Pendidikan Biologi, P. (2023). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran OPSIDE Increasing Students’ Learning Independence Through OPSIDE Learning Model. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 437–444.
Ilmiah Potensia ; Aprilianarsih, J., & Mil, P. (2023). Kemandirian Anak Dengan Orang Tua Yang Menerapkan Pola Asuh Permisif. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 233–242.
Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Selama Masa Pandemik Covid 19. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 96–106. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.125
Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).
Kusuma, R. H., Muslifar, R., & Janah, M. (2023). Implementasi Bimbingan Karier dengan Pemanfaatan Media Daring bagi Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 74–85. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.215
Maulita, D. G., Yakub, E., & Mardes, S. (2023). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Daya Juang Dalam Belajar Siswa Pasca Pandemi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 653–662.
Minarsi, M., Nirwana, H., & Syukur, Y. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1–14. https://doi.org/10.29210/02017113
Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246
Rahmi, M., Rahmi, A., & Sari, I. (2020). Pengaruh Layanan Dasar dengan Strategi layanan Informasi terhadap Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 6(2), 95–104. https://doi.org/10.15548/atj.v6i2.1922
Rohani. (2020). Strategi Layanan BK Untuk Pegentasan Perilaku Seks Bebas Pada Peserta Didik Jenjang SMA. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2(1). http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1056%0Ahttp://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/download/1056/620
Safrianti, R., & Nelliraharti, N. (2022). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Klasikal. Journal of Education Science, 8(2), 214.
SANDI, N. H., HARTINI, S., PRABOWO, A. B., & SISWANTI, R. (2022). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Pagar Gunung. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 230–236. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1388
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Tarihoran, M. V. (2019). Mesin Etching Pcb (Printed Circuit Board) Menggunakan Arduino Nano. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 1–4. https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/article/view/134
Utami Dian. (2022). Analisis Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Negeri 8 Bandar Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.