Keefektifan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerjasama

Naufal Rayhan Yahya, Hardi Prasetiawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemampuan kerjasama. Kerjasama melibatkan partisipasi dari dua orang atau lebih untuk menyelesaikan tugas bersama, dan keterampilan ini sangat penting dalaminteraksi sosial antar peserta didik. Layanan bimbingan kelompok dapat berfungsi sebagai metode efektif dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan mereka, termasuk dalam mengelola emosi melalui interaksi dalam kelompok serta mendapatkan dukungan dari seorang ahli dalam bidang bimbingan. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui Publish or Perish dan Google Scholar, dengan batasan publikasi dari tahun 2019 hingga 2024. Dari hasil pencarian yang mencapai 14.000, data dipilih berdasarkan relevansi dengan kata kunci yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka pada lima jurnal yang relevan dengan topik bimbingan kelompok untuk peningkatan kerjasama peserta didik. Tinjauan pustaka menunjukkan bahwa kerjasama bisa ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok, dengan metode yang dapat diterapkan termasuk metode permainan.

Full Text:

PDF

References


Al, C. et. (2015). keefektifan penerapan bimbingan kelompok. Вестник Казнму, №3, с.30.

Annisa Rizqi Febriani, M. B. (2021). Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1, 1463.

Arikunto, S. (2015). Metode Dokumentasi. Universitas Pendidikan Indonesia, 127.

Crystallography, X. D. (2016). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Asertif Untuk Menguatkan Faktor Internal Kemampuan Membaca. 1–23.

Faturrahman & Saputra, W. N. E. (2023). Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 871-875).

Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i1.7186

Huda, M. (2018). Huda, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama siswa dalam proses pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperative. Skripsi, 2(1), 7–26.Peningkatan Kemampuan Kerjasama siswa dalam proses pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperative. Skripsi, 2(1), 7–26.

Mayorisa, G. (2019). penelitian ini meneliti tentang meningkatkan kerjasama siswa menggunakan strategi card sort. 2(April), 5–10.

Ningsih, D. R. (2019). Al-Isyrof : Jurnal KONSELING. 2(1), 89–102.

Patimah, E., & Sumartini, S. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring: Literature Review. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 993–1005. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1970

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press, I(3).

Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626

Sapitri, Sulistiyana, S. M. (2019). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DENGAN PERMAINAN GIRING BOLA PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BANJARMASIN. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 155–161.

Sari, N., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2023). Meningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1548. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1444

Wahyuning Rici, O. T., & Alawiyah, T. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(5), 171. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i5.3520

Wati, E., Sri Maruti, E., & Budiarti, M. (2020). Aspek Kerjasama Dalam Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 97–114.

Yuningsih, R. (2017). PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.