Meningkatkan kontrol diri siswa sma melalui konseling kelompok

Dina Khoirun Nuda, Tri Sutanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas konseling kelompok dalam mengembangkan self-control pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Studi literatur dilakukan untuk mengkaji konsep self-control dan perannya dalam perkembangan remaja, serta efektivitas konseling kelompok sebagai intervensi. Melalui sesi konseling kelompok, siswa dapat berbagi pengalaman, memberikan dukungan, dan belajar strategi pengelolaan emosi dan perilaku yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konseling kelompok merupakan salah satu intervensi yang efektif untuk mengembangkan self-control pada remaja. Upaya kolaboratif antara sekolah, orang tua, dan komunitas juga diperlukan untuk membantu siswa tumbuh menjadi individu yang memiliki kendali diri yang baik.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, B. (2021). Pengaruh konseling kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 50-57.

Astuti, R. (2019). Pengaruh perkembangan emosi pada remaja. Gramedia Pustaka Utama.

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 126-129.

Baumeister, R. F., & Vohs, K. D. (2016). Strength model of self-regulation as limited resource. In K. D.Vohs & R. F. Baumeister (Eds.), Handbook of self-regulation: Research, theory, and applications (3rd ed., pp. 66-82). Guilford Press.

Cholid, A. (2018). Konseling Gestalt: Suatu Tinjauan Teoretis. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 113-123.

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Group Counseling (9th ed.). Cengage Learning.

Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.). Cengage Learning.

Corey, M. S., Corey, G., & Corey, C. (2018). Groups: Process and Practice (10th ed.). Cengage Learning.

Duckworth, A. L., & Steinberg, L. (2015). Unpacking self-control. Child Development Perspectives, 9(1), 32-37. https://doi.org/10.1111/cdep.12107

Erford, B. T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faturrahman & Saputra, W. N. E. (2023). Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 871-875).

Fiah, R., & Aanggralisa, D. (2015). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 11-20.

Fitri, E., & Marjohan. (2016). Efektivitas konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(3), 20-26.

Gantina, K. (2014). Teori dan Teknik Konseling. PT. Indeks.

Ghufron, M. N. (2014). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Gladding, S. T. (2017). Counseling: A Comprehensive Profession (8th ed.). Pearson.

Gladding, S. T. (2018). Konseling: Profesi yang Menyeluruh (6th ed.). Indeks.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, U. (2016). Konseling Gestalt: Pendekatan dan Aplikasinya. Jurnal Hisbah, 13(1), 1-16.

Indriasari, V. (2016). Pengaruh konseling kelompok terhadap perilaku prososial siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 35-42.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Kurniawan, A. (2021). Pentingnya Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Perkembangan Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 6(2), 45-52.

Kurniawati, E. (2015). Efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan self-esteem siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 1-10.

Marsela, R. D. A., & Supriatna, E. (2019). Self-control and problematic internet use in adolescents. Indonesian Psychological Research, 1(1), 29-36. https://doi.org/10.29080/ipr.v1i1.197

Melnick, J., & Nevis, S. M. (2017). Gestalt Therapy Methodology. Routledge.

Mugista, A. (2014). Emosi dan Kenakalan Remaja. Penerbit Andi.

Mujahidin, M., Rahman, A., & Aqilah, S. (2020). Konseling kelompok untuk meningkatkan resiliensi siswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(3), 85-92.

Pedhu, P. T., & Date Doni, A. (2022). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku prososial pada remaja. Jurnal Psikologi Terapan, 4(1), 1-10.

Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Efektivitas konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 122-129.

Safira, A. (2014). Peran Kesadaran dalam Konseling Gestalt. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(3), 1-8.

Safria, A. (2014). Pentingnya Kesadaran Diri dalam Konseling Gestalt. Jurnal Psikologi, 9(2), 75-84.

Sampurno, A. (2018). Konseling kelompok dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 15-22.

Santrock, J. W. (2014). Adolescence (16th ed.). McGraw-Hill.

Sari, S. P. (2014). Remaja dan Tantangan Emosional. Penerbit Salemba.

Setiawan, A. R. (2023). Strengthening self-control through developing emotional intelligence. Indonesian Psychological Journal, 5(1), 15-22.

Siregar, N. R. (2018). Pengaruh konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 8(1), 40-47.

Smet, B. (2015). Psikologi kesehatan. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Subandi. (2005). Konseling Gestalt: Suatu Pendekatan Alternatif dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikologi, 32(2), 92-107.

Suherman, U. (2017). Bimbingan dan Konseling Karir di Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerbit Rizqi Press.

Suwanto, I., & Nisa, K. (2015). Meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal melalui konseling kelompok pada siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 1-9.

Syarqawi, A. (2017). Efektivitas konseling kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 25-32.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self-control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271-324. https://doi.org/10.1111/j.0022-3506.2004.00263.x

Veneziano, L. (2017). Self-regulation and decision-making in adolescents. Journal of Adolescent Development, 12(3), 185-197.

Wibowo, M. E. (2017). Konseling Gestalt: Teori dan Praktik. Pustaka Pelajar.

Wijayanti, A., Yusmansyah, & Maharani, D. (2019). Efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Universitas Lampung.

Yalom, I. D., & Leszcz, M. (2020). The Theory and Practice of Group Psychotherapy (6th ed.). Basic Books.

Yusuf, L. N. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Penerbit Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.