Layanan bimbingan kelompok sebagai upaya mencegah perilaku bullying pada siswa

Nurmavita Putri Lianingsih, Akhmad Fajar Prasetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis layanan bimbingan kelompok yang paling efektif untuk menghentikan siswa dari melakukan perilaku penindasan. Perilaku bullying sebagai perilaku yang negatif apabila terus menerus dibiarkan tanpa adanya pencegahan banyak siswa yang mengalami traumatik yang diakibatkan dari perilaku bullying disekolah yang dilakukan oleh temannya bahkan banyak siswa yang tidak melanjutkan sekolah akibat menjadi korban bullying. Layanan bimbingan kelompok dapat menjadi upaya untuk mencegah maraknya perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau yang biasa disebut dengan studi kepustakaan. Peneliti melakukan pencarian artikel-artikel dan jurnal-jurnal ilmiah melalui Google Scholar dan Publish or Perish. Dalam mengkaji jurnal peneliti menggunakan 5 jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan layanan bimbingan kelompok untuk menghentikan tindakan bullying pada siswa efektif hasilnya menunjukan pemberian layanan bimbingan sebelum dan sesudah diberikan layanan terjadi perubahan pada siswa.

Full Text:

PDF

References


Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Angreini, D., Tajuddin, A., Purwanto, J., Munaing, & Aswar. (2023). Upaya Mencegah Perilaku Bullying dan Meningkatkan Self Esteem Siswa SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.58227/intisari.v1i1.31

Bete, M. N. & A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sma Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 15–25.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Dr. Jahju Hartanti, M. P. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.

Faturrahman & Saputra, W. N. E. (2023). Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 871-875).

Misfala, M. Y., Umar, Z., Hamdan, M. Z., & Maskurii, A. H. (2023). Faktor-Faktor Penyebab Bullying Peserta Didik di Era Milenial. Edujavare Publishing, 1(2), 39–53.

Mutiasari, H., & Linda Yarni. (2023). Fenomena Bullying Dalam Kalangan Siswa Di Smp Negeri 1 Tara. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 72–86. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.62

Nurhayati, T., Mustika, R. I., & Fatimah, S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Untuk Mencegah Perilaku Bullying Peserta Didik SMAN 1 Sindangkerta. 4(3), 219–226. https://doi.org/10.22460/fokusv6i3.10094

Putri, M. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Jenis Perilaku Bullying di MTsN Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung. Menara Ilmu, 12(8), 107–116. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/872

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Wahyuningsih, L., Khofifah, D., Naqiyyah, J., Elawati, S., Diananissa, F. N., Aliyanti, A., & Tuti, N. W. (2023). Profil Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas VII di Salah Satu SMP Negeri Kota Serang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 29058–29063.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.