Penggunaan teknik role playing dalam permainan cublak-cublak suweng untuk mengurangi kecemasan sosial siswa

Rita Mihrati, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi teknik bermain peran dalam permainan tradisional “Cublak-Cublak Suweng” sebagai metode untuk meredakan kecemasan sosial di kalangan siswa. Dengan menggunakan tinjauan literatur sistematis dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari Google Scholar meliputi jurnal, tesis, dan prosiding konferensi, dengan total 87.400 pencarian literatur. Data yang terkumpul direduksi melalui diagram alir dan klasifikasi untuk membedakan sumber, metode, instrumen, hasil, dan pelaksanaan masing-masing bagian. Analisis dilakukan melalui interpretasi langsung. Temuan ini menggaris bawahi bahwa permainan peran dalam "Cublak-Cublak Suweng" memberi siswa kesempatan yang terstruktur namun menyenangkan untuk berinteraksi sosial, meningkatkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri mereka. Dengan terlibat dalam peran yang beragam, siswa mempraktikkan ekspresi diri, interaksi teman sebaya, dan navigasi sosial dalam lingkungan yang mendukung, yang penting untuk mengurangi kecemasan sosial. Sifat permainan yang menyenangkan memungkinkan eksperimen dengan berbagai peran sosial, mendorong peningkatan kompetensi sosial dan ketahanan emosional dari waktu ke waktu. Selain itu, memadukan permainan peran dan permainan tradisional seperti "Cublak-Cublak Suweng" memperkaya lingkungan pendidikan dengan relevansi budaya, meningkatkan keterlibatan siswa dan kemanjuran dalam upaya pengurangan kecemasan. Pendekatan ini tidak hanya mendukung pembelajaran akademis tetapi juga memupuk keterampilan hidup yang penting, membekali siswa untuk sukses secara sosial. Penelitian menegaskan efektivitas intervensi tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan emosional dan integrasi sosial, memvalidasi "Cublak-Cublak Suweng" dan permainan serupa sebagai alat berharga dalam konteks pendidikan dan terapeutik yang bertujuan untuk mengurangi kecemasan sosial dan mendorong perkembangan siswa secara holistik. Eksplorasi dan penerapan metode-metode ini secara berkelanjutan direkomendasikan untuk mengoptimalkan dampaknya dan menumbuhkan lingkungan Kata kunci: Pengurangan kecemasan, Cublak-Cublak Suweng, Teknik bermain peran

Full Text:

PDF

References


Agustin, W., Niswah, R., & Apriyani, R. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Pola Interaksi Sosial Budaya Siswa Di SD Negeri 05 Pemulutan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 41–54. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1342

Anggraini, R., & Wahyuni, A. (2021). Development of Religious and Moral Values Through Cublak-Cublak Suweng Traditional Games To Build Children’s Character. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 1(2), 115–126. https://scholar.archive.org/work/yuk3gmlvjjhkfabltyh2ldyalq/access/wayback/http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/joyced/article/download/4662/12-05

Arifin, E. L. (2021). Application of Role Playing Techniques In Improving The Speaking Ability of Students. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 4(1), 29–40. https://journal.uniku.ac.id/index.php/IJLI/article/view/4342

Azzahra, M., Partiwi, A., Azzahra, A., & Rahma, D. C. (2023). Intervensi Terapi Bermain Pasca Bencana pada Anak: Literatur Review. Jurnal Keperawatan, 15(3), 1119–1130. http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/891

Berceanu, A. I., Papasteri, C. C., Sofonea, A., Boldasu, R., Nita, D., Poalelungi, C., & Carcea, I. (2022). Role-Play Regulates Positive Emotions and Prosocial Attitudes. Europe PMC, 1–32. https://doi.org/10.31234/osf.io/r6cpn

Castellanos, R., Yildiz Spinel, M., Phan, V., Orengo-Aguayo, R., Humphreys, K. L., & Flory, K. (2020). A Systematic Review and Meta-Analysis of Cultural Adaptations of Mindfulness-Based Interventions for Hispanic Populations. Mindfulness, 11(2), 317–332. https://doi.org/10.1007/s12671-019-01210-x

Damanik, F. H. S. (2024). Peran Bimbingan Konseling Pada Sekolah Ramah Anak dalam Memberikan Dukungan Emosional di Sekolah Menengah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2433–2442. https://ssed.or.id/contents/article/view/559

Fadhilah, N. & Sugeng. (2021). Role-Play: A Freedom To Learn Approach In Developing Children Emotional Intelligence. Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE), 1, 181–201. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/iconie/article/view/224

Faturrahman & Saputra, W. N. E. (2023). Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 871-875).

Geneuss, K. (2021). The Use of the role-playing technique STARS in formal didactic contexts. International Journal of Role-Playing, 11, 114–131. https://journals.uu.se/IJRP/article/view/286

Hayashi, A., Liew, J., Aguilar, S. D., Nyanamba, J. M., & Zhao, Y. (2022). Embodied and Social-Emotional Learning (SEL) in Early Childhood: Situating Culturally Relevant SEL in Asian, African, and North American Contexts. Early Education and Development, 33(5), 746–763. https://doi.org/10.1080/10409289.2021.2024062

Henisah, R., Margana, M., Putri, R. Y., & Khan, H. S. (2023). Role Play Technique to Improve Students’ Speaking Skills. International Journal of Contemporary Studies in Education (IJ-CSE), 2(3), 176–182. https://journals.eduped.org/index.php/ijcse/article/view/618

Hygen, B. W., Belsky, J., Stenseng, F., Skalicka, V., Kvande, M. N., Zahl‐Thanem, T., & Wichstrøm, L. (2020). Time Spent Gaming and Social Competence in Children: Reciprocal Effects Across Childhood. Child Development, 91(3), 861–875. https://doi.org/10.1111/cdev.13243

Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 181–190. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/2006

Lestari, I., Hidayati, R., & Astuti, A. D. (2020). Central Java Coastal Traditional Games In Improving The Motor Ability Among Early Childhood. 2nd International Seminar on Guidance and Counseling 2019 (ISGC 2019), 217–220. https://www.atlantis-press.com/proceedings/isgc-19/125943371

Mamahit, H. C., Ratnawati Dinoto, M. N., Lewoleba, M. P., Reandsi, H. W., & Nataniel, M. (2021). Penerapan Teknik Bermain Peran Melalui Konseling Kelompok Kolose Kanisius Jakarta. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 673–683. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/1209

Maya, J., & Maraver, J. (2020). Teaching-Learning Processes: Application of Educational Psychodrama in The University Setting. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11), 3922. https://doi.org/10.3390/ijerph17113922

Melati, A. D., Fatimah, S., & Manuardi, A. R. (2022). Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Menangani Kecemasan Sosial Korban Bullying. FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 5(3), 200–206. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/8642

Øzerk, K., Özerk, G., & Silveira-Zaldivar, T. (2021). Developing Social Skills And Social Competence In Children With Autism. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(3), 341–363. https://www.duo.uio.no/handle/10852/88813

Rahayu, S., Dewi, E. M. P., & Halima, A. (2023). Efektivitas Metode Bermain Angka Terhadap Kecemasan Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 143–155. http://edukhasi.org/index.php/jip/article/view/43

Rismi, R., Yustiana, Y., & Budiman, N. (2020). The effectiveness of Group Counseling With Role Play Techniques To Improve Student Emotional Intelligence. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 59–68. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3274072&val=28749&title=The%20Effectiveness%20of%20Group%20Counseling%20with%20Role%20Play%20Techniques%20to%20Improve%20Student%20Emotional%20Intelligence

Rochmawati, F., Suryanti, S., & Sudibyo, E. (2022). Pengembangan Perangkat Bimbingan Melalui Bermain Peran (Role Playing) Dan Terapi Bioskop Sains (Sciencecinematherapy) Untuk Meningkatkan Empati Siswa SD. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 201–208. https://ejournal.unib.ac.id/pendipa/article/view/16919

Sahlan, S. (2022). The Effectiveness of Role-play Integrated Multisensory Learning to Enhance Students’ Confidence and Speaking Skill. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(2), 977–994. https://www.ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/3852

Shi, Z., Wang, S., Chen, M., Hu, A., Long, Q., & Lee, Y. (2024). The effect of music therapy on language communication and social skills in children with autism spectrum disorder: A systematic review and meta-analysis. Frontiers in Psychology, 15(1336421), 1–13. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2024.1336421/full

Stiawan, D., Wardono, W., Waluya, B., & Prabowo, A. (2024). Penurunan Kecemasan Matematika Melalui Model Pembelajaran: Systematic Literature Review. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 596–602. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3009

Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. (2020). The Implementation of Early Childhood Mathematics Education in Stimulating Collaborative Abilities: A Local Wisdom Approach. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(11), 1387–1398. https://www.ijicc.net/images/vol_13/Iss_11/131196_Sufa_2020_E2_R.pdf

Sumarni, Kristanto, C. S., Kusumadewi, A. F., Yulliani, S., & Kusumaningrum, N. (2019). Penanggulangan Depresi Anak Pascaerupsi Gunung Merapi Melalui Pelatihan Permainan Berbasis Kearifan Budaya Lokal Pada Guru dan Orang Tua Murid Taman Kanak-Kanak. Journal of Community Empowerment for Health, 1(2), 96–106. https://www.academia.edu/download/87055665/24607.pdf

Syahria, N. (2020). The Use of Indonesia Traditional Game To Upgrade Pupils Speaking Skills And Lessen Pupils Speaking Anxiety. Sirok Bastra, 8(2), 211–220. http://sirokbastra.kemdikbud.go.id/index.php/sirokbastra/article/view/203

Tao, Y., Tang, Q., Wang, S., Zou, X., Ma, Z., Zhang, L., Liu, G., & Liu, X. (2024). The impact of long-term online learning on social anxiety and problematic smartphone use symptoms among secondary school students with different levels of fear of missing out: Evidence from a symptom network and longitudinal panel network analysis. Journal of Behavioral Addictions, 13(1), 102–119. https://doi.org/10.1556/2006.2023.00081

Vigil-Hayes, M., Collier, A. F., Hagemann, S., Castillo, G., Mikkelson, K., Dingman, J., Muñoz, A., Luther, J., & McLaughlin, A. (2021). Integrating Cultural Relevance into a Behavioral Health Intervention for Native American Youth. Proc. ACM Hum.-Comput. Interact., 5(CSCW1), 1–29. https://doi.org/10.1145/3449239

Warih, K. N. H., Nugroho, S., & Sulistyo, E. T. (2020). Functions of Tembang Dolanan as Educational Media. 4th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC 2019), 48–54. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icalc-19/125937678

Zhang, R., E. Ringland, K., Paan, M., C. Mohr, D., & Reddy, M. (2021). Designing for Emotional Well-being: Integrating Persuasion and Customization into Mental Health Technologies. Proceedings of the 2021 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–13. https://doi.org/10.1145/3411764.3445771

Zuraida, D. J., Fajri, N., & Hasna, A. (2023). Penyuluhan Cara Menjaga Kesehatan Mental Di Dunia Kerja Melalui Teknik Role Play Di Universitas Al-Khairiyah Cilegon. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(7: Agustus), 870–875. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/3439


Refbacks

  • There are currently no refbacks.