Urgensi bimbingan kelompok terhadap kreativitas siswa

Firza Anindita Septiana, Ulfa Danni Rosada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi urgensi bimbingan kelompok terhadap kreativitas siswa di konteks pendidikan. Kreativitas dianggap sebagai aspek penting dalam pembelajaran karena memungkinkan siswa untuk menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan. Bimbingan kelompok, sebagai bagian dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah, dipandang sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui interaksi sosial dan diskusi dalam kelompok. Pendekatan studi kepustakaan digunakan untuk meninjau berbagai literatur yang relevan, termasuk teori-teori kreativitas, serta penelitian terkait yang menguji efektivitas bimbingan kelompok dalam meningkatkan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok tidak hanya membantu siswa dalam mengatasi masalah pribadi dan akademik, tetapi juga mendorong mereka untuk berpikir kreatif, mengembangkan ide-ide baru, dan bekerja sama secara efektif dalam mencapai tujuan bersama

Full Text:

PDF

References


Ahsan, M. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kesadaran Diri (Self Awareness) Siswa SMA Negeri 6 Tangerang Selatan.

Aini, D. N. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kreativitas Siswa. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 12–20.

Anita Titu, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (p. 72). http://eprints.uny.ac.id/eprint/21708

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Faturrahman & Saputra, W. N. E. (2023). Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 871-875).

Habeahan, F. H., Saam, Z., & Yakub, E. (2021). Studi Literatur Tentang Kecerdasan Emosional Remaja. 8, 1–12.

Handayani, D. A. ., & Wibowo. (2018). Improving the Satisfaction of Guidance and Counseling Services through Service Quality, Service Demand, and Service Value. 6(17), 356–68.

Homaedi, R., Mafruhah, M., & Yuliana, A. T. (2022). Profil Mahasiswa Dengan Tugas Ganda Kuliah Dan Bekerja. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 125–137. https://doi.org/10.36379/shine.v2i2.217

Irma Ari Irawan, T. M., Rusmana, N., Budiman, N., Hananto, I., & Yudha, E. S. (2022). Efektifitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik: Meta Analysis. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 12(3), 373–381. https://doi.org/10.24127/gdn.v12i3.6300

Jahju, H. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.

Konseling, J. B., & Subagyo, I. (2013). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2).

Kozbelt, A. (2016). Theories of creativity. In The Curated Reference Collection in Neuroscience and Biobehavioral Psychology.

Lestariani, K., Sulastri, M., & Ambara, D. P. (2014). Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Media Permainan Playdough Untuk Meningkatkan Kreativitas. E-JOURNAL, 2(1).

Murnita, A. (2016). Upaya Meningkatkan Prilaku Pro-Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Sosiodrama. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling, 2 (1).

Prayitno. (2017). . Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok.

Rahmat, A., & Zohra, M. (2016). Meningkatkan Kreatifitas Guru Mengajar Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Konseling Pertemuan Individual. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi.

Sayekti. (2020). Studi Deskriptif Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar. 27 (2).

Selvya, Y. (2015). 8 Kajian Pustaka Ref 16 Bimbingan Kelompok. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016.

Sembiring, M. B. R. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa Smp Negeri 3 Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryana, D., & Desmila. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 143–153. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8632

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnalmitrapendidikan.Com, 1(1), 114.

Wahyuni, F. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Mind Mapping untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.