Peran konselor sekolah dalam menangani stress dan kecemasan siswa sma
Abstract
Stres dan kecemasan adalah isu yang umum dihadapi oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di zaman sekarang. Tekanan dari aspek akademik, tuntutan sosial, dan ketidakpastian mengenai masa depan dapat memicu masalah kesehatan mental yang serius jika tidak ditangani dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran konselor sekolah dalam menangani stres dan kecemasan di kalangan siswa SMA. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan konselor dan siswa di beberapa SMA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konselor sekolah memiliki peranan penting dalam membantu siswa mengelola stres dan kecemasan. Mereka memberikan dukungan emosional, teknik relaksasi, serta strategi coping yang efektif. Selain itu, konselor juga menyelenggarakan sesi konseling individu dan kelompok, workshop kesehatan mental, serta berkolaborasi dengan guru dan orang tua untuk membangun lingkungan belajar yang mendukung. Temuan ini menegaskan pentingnya keberadaan konselor sekolah yang terlatih dan berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan mental siswa.
Implikasi dari penelitian ini mencakup rekomendasi untuk meningkatkan sumber daya dan pelatihan bagi konselor sekolah, serta integrasi program kesehatan mental ke dalam kurikulum. Dengan demikian, peran konselor sekolah dapat dioptimalkan dalam membantu siswa menghadapi tantangan emosional dan akademik, serta mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih sehat dan produktif.
Full Text:
PDFReferences
Milfayetty, S. (2017). The Spirit of Goodness Sebagai Landasan Pemikiran dan Perilaku Konselor / Guru BK dalam Pelayanan Konseling. Seminar & Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling : Indonesian Counselor Association| Ikatan Konselor Indonesia (IKI), 3, 211–214.
Moelong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Murfiah Dewi Wulandari, Choiriyah Widyasari,
N. (2020). Abdi Psikonomi Peningkatan Kualitas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya. 1, 79–88.
Rosada, U. D., Farhani, F. C., & Nurani, W. (2019). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkan NilaiNilai Karakter SiswaDi Sekolah Dasar. … Dasar Nasional (Ppdn) …, 224– 235
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 53. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1. 3927
Wihyanti, R., Subiyantoro, S., & Fadhilah, S. S. (2019). Exploring collaboration pattern of guidance and counseling’ implementers in the primary school. Elementary Education Online, 18(2), 482–495.
Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitan Kuantitatif Quantitative Research Aproach. Yogyakarta; Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA)
Ristyawati, A. 2020. “Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945”. Administrative Law & Governance Journal Vol. 3 No. 2
Sensusiyati & Rochani. 2020. “Analisis Berita Hoax Covid-19 di Media Sosial di Indonesia”. INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Vol. 01 No. 09
Refbacks
- There are currently no refbacks.