Studi literatur: Analisis pengaruh perilaku prososial di lingkungan pendidikan
Abstract
Perilaku prososial adalah perilaku memberikan manfaat kepada orang lain dengan membantu meringankan beban fisik atau psikologinya, yang dilakukan secara sukarela. Penanaman perilaku prososial dapat dilakukan di sekolah melalui pembelajaran karakter. Fokus artikel ini membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku prososial pada siswa. Salah satu perilaku yang dapat ditunjukkan adalah perilaku prososial, seseorang yang memiliki perilaku prososial akan menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pada siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang dapat dilakukan dengan mengkaji jurnal terdapat dalam Google Scholer tahun 2014-2024. Ada beberapa upaya dalam mengembangkan perilaku sosial pada siswa seperti memberikan teladan, memberikan motivasi dan stimulus secara konsisten serta menekankan perhatian terhadap prososial.
Full Text:
PDFReferences
Wulandari, E. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Prososial Pada Siswa Kelas Xi Di Man 1 Tuban. Jurnal Penelitian Psikologi. Unesa, 5(3), 1-6.
Dayakisini, T., & Hudaniah, Psikologi Sosial Edisi Revisi, Malang: UMM Press, 2009.
Sears, D. ., Fredman, J. ., & Peplau, L. A. (1991). Psikologi Sosial (M. Adryanto (ed.)). Jakarta: Erlangga.
Sa’adah, N. L. (2020). Upaya Guru Dalam Menanamkan Perilaku Prososial Siswa Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Purnamasari, I., Suharso, S., & Sunawan, S. (2018). Kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa di SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 20-26.
Eisenberg, N., Cumberland, A., Guthrie, I. K., Murphy, B. C., & Shepard, A. (2005). Age changes in prosocial responding and moral reasoning in adolescence and early adulthood. Journal of Research on Adolescence, 15(3), 235–260. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2005.00095.x.Age
Kline, R., Bankert, A., Levitan, L., & Kraft, P. (2017). Personality and prosocial behavior: a multilevel meta-analysis. Political Science Research and Methods Cambridge University Press, 7(1), 125–142. https://doi.org/10.1017/psrm.2017.14
Auvisena, A. U., Faiz, A., & Aeni, K. (2022). Studi literatur: Analisis pengaruh dan upaya pengembangan nilai perilaku prososial pada siswa sekolah dasar. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 20(1).
Handayani, P. (2016). Pengaruh perilaku prososial dan kepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya. BASIC EDUCATION, 5(21), 2-042.
Rini, A. M. F., & Sugiharto, D. Y. P. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prososial. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(2), 15-20.
Widiatmoko, A. (2017). Pengaruh kemampuan empati terhadap perilaku prososial siswa sekolah dasar. Basic education, 6(10), 906-916.
Auvisena, A. U., Faiz, A., & Aeni, K. (2022). Studi Literatur: Analisis Pengaruh dan Upaya Pengembangan Nilai Perilaku Prososial Pada Siswa Sekolah Dasar. JSOSIO RELIGI: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 20(1), 33–38.
Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57–92. https://doi.org/10.32533/01103.2017
Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120
Suroso, S., Maramis, F., & Farid, M. (2020). Meningkatkan perilaku prososial pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui pembelajaran karakter: Bagaimana efektivitasnya? Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 88–104. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3214
Wulandari, T., Dharmayana, I. W., & Afriyati, V. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prososial Siswa Di Smp Negeri Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.76-85
Refbacks
- There are currently no refbacks.