Urgensi academic buoyancy pada siswa: Sebuah kajian literatur

Devia Eka Salsabila, Rohmatus Naini

Abstract


Fase peralihan atau perpindahan dari fase anak-anak menuju fase dewasa di sebut fase remaja. Fase remaja ditandai dengan tingkah laku yang positif maupun negatif. Tingkah laku negatif yang muncul akibat dari perlakuan lingkungaan sekitar yang kurang sesuai dengan kebutuhan perkembangan remaja. Remaja rentan mengalami tingkat stress yang tinggi. Stress yang dialami oleh remaja salah satunya dalam bidang akademiknya. Tuntutan dan harapan orang tua terhadap siswa di sekolah membuat siswa merasa tertekan, lelah, dan bahkan merasa jenuh dalam belajar. Selain itu, rendahnya keinginan belajar siswa, kurang berkonsentrasi saat pembelajaran dikelas, bahkan siswa membolos dari kelas pada saat jam pelajaran dimulai. Diperlukannya kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan akademik yang di sebut dengan istilah Academic Bouyancy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi academic bouyancy pada siswa. oleh karena itu perlu adanya kajian mengenai urgensi academic bouyancy pada siswa. pada metodologi penulisan menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji 25 artikel terkait. Hasil dari kajian  yang telah dijelaskan bahwa terdapat indikator academic bouyancy yang akan dimiliki siswa ketika siswa memiliki academik bouyancy yang tinggi dalam dirinya yaitu Confidence (High self-efficacy), Coordination (High Planning), Commitment (High Persistence), Composure (Low Anxiety), dan Control. Sebaliknya siswa yang memiliki academic bouyancy rendah akan mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan akademiknya.


Full Text:

PDF

References


Anderson, R. C., Beach, P. T., Jacovidis, J. N., & Chadwick, K. L. (2020). Academic Buoyancy and Resilience for Diverse Students Around the World. Inflexion, August, August, 56. https://ibo.org/globalassets/publications/ib-research/policy/academic-resilience-policy-paper-en.pdf

Bahrodin, A., Muslih, I., & Hanes Andreastya, V. (2023). Pada Mahasiswa Rantau. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 2023.

Cahyadi, S., & Rohinsa, M. (2019). Peran Teacher Structure Terhadap Engagement Melalui Academic Buoyancy Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Studia Insania, 7(2), 122. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i2.3234

Collie, R. J., & Martin, A. J. (2016). Collie, R.J., Martin, A.J., Bottrell, D., Armstrong, D., Ungar, M., & Liebenberg, L. (2016). Social support, academic adversity, and academic buoyancy: A person-centered analysis and implications for academic outcomes. 1–33. https://doi.org/10.1080/01443410.2015.1127330.This

Colmar, S., Liem, G. A. D., Connor, J., & Martin, A. J. (2019). Exploring the relationships between academic buoyancy, academic self-concept, and academic performance: a study of mathematics and reading among primary school students. Educational Psychology, 39(8), 1068–1089. https://doi.org/10.1080/01443410.2019.1617409

Datu, J. A. D., & Yuen, M. (2018). Predictors and Consequences of Academic Buoyancy: a Review of Literature with Implications for Educational Psychological Research and Practice. Contemporary School Psychology, 22(3), 207–212. https://doi.org/10.1007/s40688-018-0185-y

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Hanifatuzzahrah. (2023). Gambaran Academic Buoyancy Siswa Sma Di Kota Padang Pada Masa Pemulihan Krisis Pembelajaran. In Journal of Engineering Research.

Herdiani, R. T. (2023). Perkembangan Remaja Awal Aspek Kognitif. In Psikologi Perkembangan Remaja.

Latif, S., Pandang, A., & Rusniyanti. (2021). Analisis Motivasi Belajar Rendah Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya ( Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar). Pinisi Journal Of Education, 3, 1–16. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25330

Lesmana, J., & Savitri, J. (2019). Tipe Student Academic Support dan Academic Buoyancy pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(3), 179–200. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i3.2266

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2009). Oxford Review of Education Academic resilience and academic buoyancy : multidimensional and hierarchical conceptual framing of causes , correlates and cognate. 773513248. https://doi.org/10.1080/03054980902934639

Nesvita, M. D. (2021). Peran Growth Mindset Terhadap Academic Buoyancy Pada Mahasiswa Tahun Pertama Selama Pembelajaran Daring. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Nopriani, U., Syahriman, S., & Herawati, A. A. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Talk Terhadap Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Xi Mipa F Di Sma Negeri 2 Kota Bengkulu. Triadik, 20(1), 10–19. https://doi.org/10.33369/triadik.v20i1.16465

Putwain, D. W., Connors, L., Symes, W., & Douglas-Osborn, E. (2012). Is academic buoyancy anything more than adaptive coping? Anxiety, Stress and Coping, 25(3), 349–358. https://doi.org/10.1080/10615806.2011.582459

Resetiana, E. (2017). Academic Buoyancy pada Mahasiswa Psikologi Ditinjau dari Jenis Kelamin. 52.

Rohinsa, M., Gunawan, G., & Kadiyono, A. L. (2021). Penerapan Self Determination Theory: Peran Dukungan Orangtua Terhadap Academic Buoyancy Siswa Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(2), 278–292. https://doi.org/10.33367/psi.v6i2.1806

Rohinsa, M., Maria Yuni Megarini, & Trisa Genia Zega. (2023). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Dasar sebagai Mediator antara Dukungan Dosen dan Academic Buoyancy. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 213–222. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.54970

Safriani, Y. (2021). Pengaruh Psychological Capital, Academic Buoyancy dan Academic Major Satisfaction terhadap Academic Adjustment pada siswa SMA di masa Pandemi Covid-19. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49865%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/49865/2/Yuniar Safriani_J71217154.pdf

Sihotang, A. F., & Nugraha, S. P. (2021). Academic buoyancy for new students during the covid-19 pandemic: Academic buoyancy mahasiswa baru pada masa pandemi covid-19. Proceeding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–6. https://press.umsida.ac.id/index.php/iiucp/article/view/594/438

Umami, I. (2019). PSIKOLOGI REMAJA repository. IDEA Press Yogyakarta, 82–143


Refbacks

  • There are currently no refbacks.