Peran konselor sekolah dalam mendukung minat dan bakat siswa: Systematic literature review
Abstract
Peran konselor sekolah menjadi semakin penting di era modern ini, mengingat kompleksitas tantangan yang dihadapi siswa dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Konselor sekolah tidak hanya berfungsi sebagai pembimbing, tetapi juga sebagai fasilitator yang membantu siswa mengidentifikasi dan mengembangkan potensi mereka. Melalui berbagai program dan intervensi yang terstruktur, konselor dapat membantu siswa mengeksplorasi minat mereka, mengasah bakat, dan mencapai prestasi optimal. Tujuan dari Systematic literature review ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran konselor dalam mendukung minat dan bakat siswa. Metode yang digunakan melalui dua penggunaan data base yakni Google scholar dan Taylor and francis. Dari hasil data base tersebut menghasil beberapa artikel yang penulis review untuk mendapatkan gambaran pertanyaan penelitian. Adapun kriteria inklusi dan eksklusi adalah artikel dari tahun 2020-2024 dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, artikel primer, fulltext dan dengan subjek konselor sekolah. Berdasarkan pencarian diatas didapatkan artikel awal sebanyak 16. 139 dan didapatkan sekitar 7 artikel yang telah di review sesuai dengan krtieria inklusi dan eksklusi. Hasil dari kajian literatur ini adalah Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru BK sangat penting dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui berbagai layanan bimbingan dan konseling. Pendekatan yang komprehensif dan inklusif serta dukungan yang memadai dari seluruh komunitas sekolah dapat meningkatkan efektivitas pengembangan bakat siswa. Tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kolaborasi antar pihak, dan pemahaman budaya harus diatasi untuk mencapai hasil yang lebih optimal dalam pendidikan keberbakatan.
Full Text:
PDFReferences
Apriyanti, A., Hartini, H., & Azwar, B. (2023). Peran Guru BK dalam Mengembangkan Bakat Minat dan Potensi Belajar Siswa Kelas X. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2509–2518. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5812
Baker, S. B., & Gerler, E. R. (2004). School counseling for the twenty-first century. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Brown, D., & Trusty, J. (2005). Designing and leading comprehensive school counseling programs: Promoting student competence and meeting student needs. Belmont, CA: Brooks/Cole-Thomson Learning.
Boulden, R., Stone, J., & Ali Raisa, S. (2021). Supporting the College and Career Needs of Gifted and Talented Learners in Rural Elementary Schools: Strategies for School Counselors. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 94(5), 223–235. https://doi.org/10.1080/00098655.2021.1939248
Dharma, A. P., Rahmatullah, N., Bunyamin, E. M., Safitri, D. A. W., & Kurnia, I. (2023). Panduan Pengembangan Bakat dan Minat Melalui Pemilihan Konsentrasi Keahlian dan Ekstrakurikuler. 86.
Erford, B. T. (2015). School counseling: Foundations and contemporary issues. New York, NY: Routledge.
Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing & managing your school guidance and counseling program (5th ed.). Alexandria, VA: American Counseling Association.
Hawari, R., Fauzi Hasibuan, M., Ngayomi Yudha Wastuti, S., & Fanreza, R. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Pengembangan Bakat Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 834–842. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.338
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenjang, dan jenis pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lengkey, Y. (2020a). E-issn: 0000-0000 p-issn: 0000-0000. Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 01(01), 2.
Lengkey, Y. (2020b). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pengembangan Minat dan Bakat Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 01(01), 1–7.
Masdudi. (2015). BIMBINGAN DAN KONSELING Prespektif sekolah. Nurjati Press, 215.
Mesiono, Arsyad Junaidi, Nasution Sakholid, Susanti Eka, & Daulay Hamidah Sholihatul. (2017). Jurnal Tarbiyah. Tarbiyah, 24(Juli-Desember 2017), 351–370. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/229/217
Schmidt, J. J. (2003). Counseling in schools: Comprehensive programs of responsive services for all students (4th ed.). Boston, MA: Allyn & Bacon.
Vuyk, A., Montania, M., Barrios, L., & Lobo, M. (2024). Gifted education in Paraguay: analyses from a learning-resource perspective. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2332863
Refbacks
- There are currently no refbacks.