Strategi layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan academic hardiness pada siswa

Ai Pipih Parhatul Hidayah, Mufied Fauziah

Abstract


Academic Hardiness merupakan ketahanan seseorang terhadap tekanan, kesulitan, dan kesulitan di kelas serta kemampuannya untuk berkembang dalam lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengembangkan academic hardiness pada siswa. Kecerdasan belajar seorang siswa juga ditandai sebagai persiapan seseorang untuk menghadapi berbagai gerakan yang memengaruhi kemampuannya untuk benar-benar belajar. Salah satu kesulitan utama yang dihadapi siswa dalam pembelajaran adalah kecenderungan mengulang Pelajaran yang belum dipahami, kesulitan dalam memahami materi, kegugupan ujian yang menyebabkan tidak bersemangat dalam ujian, penundaan tugas, kesulitan mengatur dan untuk menyelesaikan tugas atau tugas ujian. Dengan tujuan agar dapat memberikan pilihan dalam mengatasi permasalahan dalam kekuatan keilmuan yang dicari oleh mahasiswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan studi literatur view  dengan mencari sumber bacaan jurnal dan dilanjutkan dengan analisis isinya sesuai dengan fokus peneliti. Pembahasan artikel ini menunjukkan bahwa bimbingan klasikal dapat digunakan untuk mengembangkan academic hardiness siswa.


References


Agung Nugroho, A., Rohastono Ajie, G., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2019). REPRODUKSI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE JIGSAW. In Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia (Vol. 4, Issue 2).

Aryanthi, K. D., Suwatra, W., Made Suarjana, I., Pendidikan Guru, P., Dasar, S., & Dasar, J. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Air Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa (Vol. 17, Issue 1).

Ayu, N., & Purnomo, S. (2024). PERBEDAAN KETAHANAN AKADEMIK (ACADEMIC HARDINESS) MAHASISWA UICI DITINJAU DARI PENGGUNAAN PLATFORM AIDSTLS DAN LMS SEVIMA. 5(1).

Ayuningtias, A. D. L., & Rifani, E. (2022). Academic hardiness tinjauan dari jenis kelamin dan usia siswa sekolah menengah atas di kota Semarang. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 68–73. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/advice/article/view/3576

Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & PGRI Palembang, U. (2019). PERAN GURU BK DALAM MENGIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMA BINA JAYA PALEMBANG (Vol. 2, Issue 2).

Herliany, K. (2023). Hardiness Pada Mahasiswa Yang Berwirausaha. In Journal of Creative Student Research (JCSR) (Vol. 1, Issue 2).

Mumpuni, S. D. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Menghadapi Ujian Nasional Kelas Xi (Studi Kasus di SMAN 2 Kota Tegal). Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 36–40. https://doi.org/10.33084/suluh.v3i2.506

Karma, R. (n.d.). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Kolaka. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1).

Muhammad, F. (2022). Gambaran Karakteristik Academic Hardiness Siswa Suku Jawa Dan Tionghoa Di Kota Medan. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 62–70.

Nurrahmah, L. A. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok Realitas Dengan Teknik WDEP Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMK Farmasi Banjarmasin. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 9(1), 1. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.7976

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rohmah, D. S., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. (2021). LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK SISWA KELAS X YANG MEMILIKI KEPERCAYAAN DIRI RENDAH SMA ASSHIDDIQIYAH GARUT. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 81. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.6213

Rosidah, A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 154. https://doi.org/10.26638/jfk.53.2099

Sari, J. P., & Zaharuddin. (2023). Academic Hardiness pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Aktif Organisasi dan Bekerja Part Time. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 3(1), 54–67.

Silvi, F., Witarsa, R., Ananda, R., Guru, P., Dasar, S., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (n.d.). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar.

Vira Zwagery, R., & Leza, M. (n.d.). HUBUNGAN HARDINESS DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMP NEGERI 1 BANJARBARU.

Wiwit, S., & Iqbal, M. (2021). Karakter Kepribadian Tahan Banting (Hardiness) sebagai Prediktor Stres Kerja (Work Stress) pada Anggota Polri 1. In Psychology Journal of Mental Health (Vol. 3, Issue 1). http://pjmh.ejournal.unsri.ac.id/56


Refbacks

  • There are currently no refbacks.