Strategi layanan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan mengetahui seberapa efektifif bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Kepercayaan diri adalah sikap mental yang mencerminkan keyakinan seseorang terhadap kemampuannya sendiri untuk menghadapi berbagai tantangan dan situasi. Ini melibatkan penilaian positif terhadap diri sendiri dan kemampuan untuk menghadapi kesulitan dengan optimisme dan ketenangan. Kepercayaan diri memungkinkan seseorang untuk memiliki harapan yang realistis, menerima kenyataan dengan sikap positif, dan menghadapi masalah dengan percaya diri. Maka dari itu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri dibutuhkan peran guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan bimbingan kelompok guna membantu siswa untuk meningkatkan kepercayaan diri tersebut. Bimbingan kelompok menjadi alternatif dan Upaya dalam mencapai serta meningkatkan kemandirian belajar siswa. Karena terdapat beberapa teknik yang menunjang, contohnya seperi home room, psikodrama, role palying, diskusi kelompok dan juga problem based learning. Untuk dapat menunjang layanan bimbingan kelompok guru bk harus memberikan layanan secara inovatif dan kreatif, sesuai dengan Teknik yang digunakan dalam peningkatan kepercayaan diri siswa.
Full Text:
PDFReferences
Eryanti, D. (2020). (2020). Solution focused brief therapy untuk meningkatkan rasa percaya diri remaja. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 3(2), 221-233.
Febriani, A., & Widyarto, W. G. (2023). (n.d.). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI KABUPATEN JOMBANG. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 6(1), 22-39.
Ismaya, B. 2015. (2015). Bimbingan dan Konseling: Studi, Karier, dan Keluarga. Bandung: PT. Refika Aditama.
Juandi, D. (2021). (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1722, No. 1, p. 012108). IOP Publishing., 1722, No.1.
Kartika, Y. D., & Siregar, A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas X SMA di Kota Kisaran. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 348–358. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i2.2510
Liu, W., Zhang, H., Chen, X., & Yu, S. (2018). (2018). Managing consensus and self-confidence in multiplicative preference relations in group decision making. Knowledge-Based Systems, 162, 62–73.
Lupi, H. W. (2020). (2020). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI DARI PERILAKU MEMBAWA MIRAS KE SEKOLAH PADA REMAJA DI SMAN 1 KAMPAK NURUSAN IPS.
Nisa, K. Y. (2017). (n.d.). Hubungan kecerdasan sosial dan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasantri Mabna Ummu Salamah. UIN Malang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). (2018). Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar ditinjau dari self-efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189-196.
Romlah, T. 2006. (2006). Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sastama, G. D., Muslim, M., & Djannah, W. (2017). (2017). Keefektifan homeroom untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa SMP. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 17-24.
Refbacks
- There are currently no refbacks.