Analisis bibliometrik: Penelitian tentang burnout akademik tahun 2014 – 2024

M. Fiqi Ulil Albab, Amien Wahyudi

Abstract


Pendidikan menjadi hal yang paling penting dalam mengembangkan keterampilan dan membentuk karakter siswa yang berkualitas dan sukses. problematika yang muncul dalam pendidikan seperti     kecemasan,ketakutan,perasaan tertekan, dan burnout (kelelahan) akademik. Cara yang bisa dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling yang berguna untuk mereduksi burnout akademik siswa yaitu dengan cara memberikan suatu layanan kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan mengenai penelitian tentang burnout akadmik di tahun 2014-2024. Selain itu, peneliti juga melakukan analisis terhadap penulis yang memfokuskan pada studi tentang burnout akademik. Metode penelitian ini menggunakan bibliometrik dengan memanfaatkan 995 dokumen dari pencarian Google Scholar menggunakan alat bantu Publish or Perish (PoP). Hasil Data kemudian diimpor kedalam format RIS ke VosViewer, hasil dari datanya kemudian dikelompokkan ke dalam 5 kluster sesuai dengan kata kunci pencarian "burnout akademik". Hasil penelitian menunjukkan variasi topik yang signifikan yang relevan untuk diteliti dalam konteks burnout akademik, berdasarkan sumber literatur dari Google Scholar antara tahun 2014 hingga 2024. Implikasi dari penelitian ini menyarankan pengembangan lebih lanjut dalam bidang layanan bimbingan di institusi pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Albarado, A. P., & Eminita, V. (2020). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS KHAZANAH KEBAJIKAN. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 167. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.167-174

Ates, B. (2016). Effect of Solution Focused Group Counseling for High School Students in Order to Struggle with School Burnout. Journal of Education and Training Studies, 4(4), 27–34.

Darmawan, A. A. Y. P., Silviandari, I. A., & Susilawati, I. R. (2015). Hubungan Burnout dengan Work-Life Balance pada Dosen Wanita. MEDIAPSI, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2015.001.01.4

Khaira, N. A. (2018). PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA. 12(2).

Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnoutpada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00

Khusumawati, Z. E. (2014). PENERAPAN KOMBINASI ANTARA TEKNIK RELAKSASI DAN SELF-INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 22 SURABAYA.

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT AKADEMIK SELAMA PANDEMI. . . Character, 08.

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-Efficacy dan Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Puspitarini, I. Y. D., & Nawantara, R. D. (2021). KELAYAKAN PAKET KONSELING KELOMPOK BERBASIS RASIONAL–EMOTIF–PERILAKU UNTUK MEREDUKSI BURNOUT SISWA SMA. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i1.2056

Rasyid, H. (2015). MEMBANGUN GENERASI MELALUI PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI MASA DEPAN. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https://Journal.Uny.Ac.Id/v3/Jpa), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Savaş, A. C., Bozgeyik, Y., & Eser, İ. (2014). A Study on the Relationship between Teacher Self Efficacy and Burnout. https://dergipark.org.tr/en/pub/eujer/issue/35117/389481

Koutsimani, P., Montgomery, A., & Georganta, K. (2019). The Relationship Between Burnout, Depression, and Anxiety: A Systematic Review and Meta-Analysis. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00284

DURU, E., DURU, S., & BALKIS, M. (2014). Analysis of relationship among burout akademic achivement and self regulation. https://gcris.pau.edu.tr/handle/11499/25808

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418


Refbacks

  • There are currently no refbacks.