Studi literatur : Stategi layanan dasar bimbingan dan konseling untuk mengembangkan self directed learning pada peserta didik

Hilda Hidayatun Nafi’ah, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan artikel ini yaitu untuk memberikan gambaran sekaligus alternatif stategi layanan bimbingan dan konseling yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan self directed learning pada peserta didik. Self-directed learning menjadi keterampilan yang penting dimiliki oleh peserta didik. Peserta didik yang memiliki self-directed learning yang tinggi akan mampu bertanggung jawab atas kewajiban belajarnya, berinisiatif untuk aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Namun pada realitanyan masih banyak peserta didik yang keterampilan self-directed learning-nya tergolong rendah, sehingga peserta didik belum sadar akan kemandirian untuk belajar. Metode yang diterapkan dalam penulisan ini yaitu dengan literature review dengan mengumpulkan beberapa sumber bacaan sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan untk mengembangkan self-directed learning diantaranya yaitu dengan memberikan layanan dasar bimbingan dan konseling dengan metode yang dapat mendukung perkembangan belajar peserta didik sesuai dengan indikator self-directed learning.


Full Text:

PDF

References


American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association.

Bhakti, C. P. (2017). Program bimbingan dan konseling komprehensif untuk mengembangkan standar kompetensi siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 131-132.

Fitriani, R. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Simbolik Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa. Empati: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 59-68.

Heriyanti, I. P., & Bhakti, C. P. (2022). Strategi layanan bimbingan klasikal blended learning berbasis project based learning untuk meningkatkan self regulated learning siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 40-45.

Hildayana, Henisa. (2024). Keefektifan bimbingan kelompok teknik discovery learning dalam meningkatkan self directed learning pada siswa smpn 4 sewon. Universitas Ahmad Dahlan. https://opac.uad.ac.id/index.php/koleksi/Penelitian/detail/5_bkHw7RjRvFcaQyNQaoX7lfaNnnvD88mqiUqrvukAHQoLrxXjc

Hidayati, N. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Strategi Self–Management Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengembangkan Self Directed Learning Readiness (SDLR) Pada Siswa Kelas X Di RT 3 Kepuh Kiriman (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya).

Kurnianto, A. M. (2018). Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar se-Kota Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 25-30.

Kurniawan, S. J., Kumara, A. R., & Bhakti, C. P. (2019, November). Strategi layanan perencanaan individual untuk mengembangkan work readiness pada siswa SMK. In Seminar Nasional Pendidikan (Sendika) (Vol. 3, No. 1, pp. 109-116).

Knowles, M. S. (1975). Self-directed learning: A guide for learners and teachers

Leatemia, L. D., Susilo, A. P., & van Berkel, H. (2016). Self-directed learning readiness of Asian students: students perspective on a hybrid problem based learning curriculum. International journal of medical education, 7, 385.

Lutfiyani, V., & Bhakti, P. (2017). Strategi layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam pengembangan self-knowledge pada siswa sekolah dasar. SENDIKA, 1(1), 370-377.

Marhamah, E., & Choire, A. N. (2017). Jurnal Keperawatan p-issn: 2477-1414 Volume 7, Nomor 1, Januari 2021 e-issn: 2716-0785 Hal 25-38 Literature Review: Efektifitas Mobilisasi Dini Untuk Meningkatkan Peristaltik Usus Pada Pasien Paska Operasi Abdomen. Jurnal Keperawatan p-issn, 2477, 1414.

Nugroho, A. A., Suhendri, S., & Ajie, G. R. (2019). Model Pengembangan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 3(2), 49-55.

Nyambe, H., Mardiwiyoto, H., & Rahayu, G. R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua, dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 5(2), 67-77.

Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya belajar mandiri bagi peserta didik di perguruan tinggi. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 108-112.

Pradika, Yoka Yushafa Ikhwan. (2021). Pengembangan Modul Pelatihan Tengtang Self-directed learning Untuk Peserta didik kelas VIII SPM Negeri 4 Sewon. Universitas ahmad dahlan. https://opac.uad.ac.id/index.php/koleksi/Penelitian/detail/1xs8XGYkMqAUEC7O1fh1WwJjO4lQeeuqrIFJBjg7rANBWGqDWWU

Pranata, Y. Y., & Barus, G. (2019). Peningkatan Karakter Bersahabat Melalui Layanan Bimbingan Kelasikal dengan Pendekatan Experiential Learnin. Solution: Journal of Counselling and Personal Development, 1(1), 1-14.

Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi antara dukungan sosial orang tua dan self‐directed learning pada siswa sma. Jurnal Psikologi, 37(2), 216-223.

Ramli, N., Muljono, P., & Afendi, F. M. (2018). The influencing factors of self directed learning readiness and academic achievement. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 153-166.

Satria, M., & Ibrahim, S. T. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Di SMPN 12 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Senden, S. (2013). Keefektifan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Prestasi Belajar Ips.

Setyawati, S. P. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Mahasiswa. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 3(1).

Surbakti, E. S. B., & Rodiani, R. (2019). Hubungan motivasi belajar terhadap self directed learning readiness mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. AGROMEDICINE UNILA, 6(1), 139-144.

Suciati, W. (2016). Kiat sukses melalui kecerdasan emosional dan kemandirian belajar. Rasibook.

Williamson, S. N. (2007). Development Of A Self-Rating Scale Of Self-directed learning. Nurse Researcher, 14, 66.

Yusin, M. N. (2015). Upaya mengembangkan kemandirian belajar siswa melalui layanan bimbingan klasikal di kelas viiia SMP Negeri 2 tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(5), 122688.

Zubaidah. (2016). KeterampilanAbad ke-21 Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.