Studi literatur : Bimbingan klasikal bermuatan nilai profetik untuk mengembangkan kesehatan mental
Abstract
Kesehatan mental telah menjadi isu yang semakin meluas dan memprihatinkan, meliputi berbagai lapisan usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Oleh karena itu, diperlukan adanya pendekatan khusus yang mampu membantu individu-individu tersebut mencapai kondisi kesehatan mental yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai profetik dalam mengembangkan kesehatan mental remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi literatur. Dengan mengambil sampel sembilan artikel yang dipublikasikan dalam 10 tahun terakhir, yaitu 2014-2024, dianalisis untuk mencapai tujuan penelitian. Data dikumpulkan dari berbagai sumber kepustakaan, terutama artikel yang bersumber pada Google Scholar. Analisis data dilakukan dengan menafsirkan, membandingkan, menghubungkan, dan mencari keterkaitan antara variabel yang menjadi fokus penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) kajian tentang bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai profetik untuk mengembangkan kesehatan mental remaja masih terbatas; (2) nilai-nilai profetik yang mencakup tiga pilar utama, yaitu humanisasi, liberasi, dan transendensi, memiliki potensi besar dalam mengembangkan kesehatan mental remaja; (3) kesehatan mental dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal (4) kesehatan mental perlu di intervensi melalui layanan bimbingan kelompok bermuatan nilai profetik agar membantu membantu individu untuk kembali pada fitrahnya serta membentuk kesehatan mental yang lebih optimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok yang berlandaskan pada nilai-nilai profetik sangat direkomendasikan untuk dikaji lebih lanjut guna mengetahui efektivitasnya dalam mengembangkan dan mengoptimalkan kesehatan mental remaja.
Full Text:
PDFReferences
Adityawarman, L. P. (2021). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165. https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.786
Aloysius, S., & Salvia, N. (2021). Analisis Kesehatan Mental Mahasiswa Perguruan Tinggi X Pada Awal Terjangkitnya Covid-19 di Indonesia. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 83–97. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i2.962
Aprilia, W. (2020). Development during prenatal and birth. Yaa Bunayya : Journal of Early Childhood Education, 4(1), 40–55. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/download/6684/4246
Ardiansyah, S., Yunike, Ardiansyah, S., Tribakti, I., Suprapto, Saripah, E., Febriani, I., Zakiyah, Kuntoadi, G. B., Muji, R., Kusumawaty, I., Narulita, S., Juwariah, T., Akhriansyah, M., Putra, E. S., & Kurnia, H. (2023). Buku Ajar Kesehatan Mental.
Armila. (2021). EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 3(2), 209–225. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.80
Azmii, S. M., & Santosa, H. (2023). Studi literatur tentang bimbingan kelompok berbasis nilai profetik dalam mengembangkan kesejahteraan psikologis. Prodising, 834–852.
Chandra, M., Khairunnisa, N., Nurika, H., & Yolandari, S. (2024). Pentingnya Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Mengenai Kesehatan Mental Pada Remaja. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 240. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v10i1.13501
Efrilly Mosa, Yuline, L. W. (2018). STUDI TENTANG KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SUNGAI RAYA.
Florensa, F., Hidayah, N., Sari, L., Yousrihatin, F., & Litaqia, W. (2023). Gambaran Kesehatan Mental Emosional Remaja. Jurnal Kesehatan, 12(1), 112–117. https://doi.org/10.46815/jk.v12i1.125
Ganda Putri, K. (2022). Hubungan Antara Toxic Parents Terhadap Kondisi Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 1(02), 75–85.
Hakim, I. Al, & Khairun, D. Y. (2019). Profil Tugas Perkembangan Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, 2(1), 577–585. http://150.107.142.250/index.php/psnp/article/view/5654
Haniyah, F. N., Novita, A., & Ruliani, S. N. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua, Teman Sebaya, Lingkungan Tempat Tinggal dan Sosial Ekonomi Dengan Kesehatan Mental Remaja. Open Access Jakarta Journal of Health Sciences, 1(7), 242–250. https://doi.org/10.53801/oajjhs.v1i7.51
Harti, M., Syukri, M., & Mahidin, M. (2024). Upaya Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Esteem Siswa di MAN 3 Langkat. Analysis Journal of Education, 2(1), 62–68.
Jahju, H. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.
Kumara, A. R. (2017). Buku Ajar Bimbingan Kelompok. 72.
Lasari, D. M., Adab, F. U., Dakwah, D., & Lhokseumawe, I. (2022). Kontribusi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kesehatan Mental. Ash-Shudur : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 58–72. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/Ash-Shudur/article/view/1391
Putri, P. D., Nusantoro, E., & Saraswati, S. (2017). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Experiential Learning untuk Meningkatkan Self-Esteem. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 6(3), 60–66. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Reza, W., Tri Ananda, S., Ivanca, T., Fadilah, A., & Jonathan, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Remaja Di Kota Batam. Jurnal Sintak, 1(1), 1–7. https://doi.org/
Saam, Z. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kesehatan Mental Warga Binaan Anak (Kasus Non Narkoba) di Lapas Anak Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–10.
Santosa, H. (2023). BIMBINGAN DAN KONSELING BERPARADIGMA PROFETIK.
Sasmita, H., Neviyani, Karneli, Y., & Netrawati. (2021). Meningkatkan Self Esteem Remaja Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Therapy. Journal Ability : : Journal of Education and Social Analysis, 2(1), 32–43.
Sumanto, D., Utaminingsih, S., & Haryanti, A. (2020). Perkembangan Peserta Didik. In Unpam Press (Issue 1).
Ulhaq, dr. Z. S. (2018). Panduan Penulisan Skripsi : Literatur Review. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 32.
Wahyuntari, E., & Ismarwati, I. (2020). Pembentukan kader kesehatan posyandu remaja Bokoharjo Prambanan. Jurnal Inovasi Abdimas Kebidanan (Jiak), 1(1), 14–18. https://doi.org/10.32536/jpma.v1i1.65
Zamzanah, Rasimin, & Yusra, A. (2023). Upaya Meningkatkan Self-Esteem (Harga Diri) pada Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP N 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2178–2184
Refbacks
- There are currently no refbacks.