Keefektifan konseling kelompok untuk mereduksi phubbing pada siswa menengah

Az – Zahra Ramadhania, Hardi Prasetiawan

Abstract


Phubbing, yaitu perilaku mengabaikan orang lain demi menggunakan ponsel, telah menjadi masalah yang mengkhawatirkan di kalangan siswa menengah. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan konseling kelompok dalam mereduksi perilaku phubbing pada siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya implementasi program konseling kelompok di sekolah sebagai upaya preventif dan intervensi untuk mengatasi perilaku phubbing. Diharapkan sekolah dan konselor dapat mengadopsi pendekatan ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan meningkatkan kualitas interaksi sosial di kalangan siswa. Perilaku phubbing, yang diartikan sebagai tindakan mengabaikan orang lain dengan fokus pada perangkat digital, telah menjadi fenomena yang semakin umum di kalangan siswa menengah. Fenomena ini tidak hanya memengaruhi interaksi sosial, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan perkembangan sosial siswa. Oleh karena itu, penting untuk mencari solusi yang efektif untuk mereduksi perilaku ini. Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah konseling kelompok, yang dapat memberikan dukungan sosial dan meningkatkan kesadaran siswa tentang dampak perilaku mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keefektifan konseling kelompok dalam mereduksi perilaku phubbing di kalangan siswa menengah.


Full Text:

PDF

References


Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-05

Fazira, E., Isriyah, M., & Syamsiyah, S. F. (2024). MEREDUKSI PHUBBING: STUDI EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DAN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA SMKN 1 TEGALSARI. Consilium: Education and Counseling Journal, 4(1), 133–139. https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4208

Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2017). MANFAAT LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PRIBADI SISWA. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), Article 2.

Herlina, U. (2015). TEKNIK ROLE PLAYING DALAM KONSELING KELOMPOK. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94–107. https://doi.org/10.31571/sosial.v2i1.55

Kadafi, A., Pratama, B. D., Suharni, S., & Mahmudi, I. (2020). MEREDUKSI PERILAKU PHUBBING MELALUI KONSELING KELOMPOK REALITA BERBASIS ISLAMI. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(2), 31–34. https://doi.org/10.26737/jbki.v5i2.1721

Kurnia, S. (2020). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Phubbing pada Remaja di Jakarta. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 18(01). https://doi.org/10.47007/jpsi.v18i01.81

Ridha, A. A. (2019). Penerapan Konselor Sebaya dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549

Saloom, G., & Veriantari, G. (2021). Faktor-Faktor Psikologis Perilaku Phubbing. Jurnal Studia Insania, 9(2), 152–167. https://doi.org/10.18592/jsi.v9i2.4517

Sarlini, S. D., Yakub, E., & Mardes, S. (2023). Analisis Perilaku Phubbing Dan Faktor Penyebabnya. https://doi.org/10.5281/zenodo.10088872

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96

Taufik, E., Dewi, S. Y., & Muktamiroh, H. (2020). Hubungan Kecanduan Smartphone Dengan Kecenderungan Perilaku Phubbing Pada Remaja Di SMAN 34 Jakarta Selatan. Seminar Nasional Riset Kedokteran, 1(1), Article 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.