Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mencegah bullying

Diah Ayu Salsabilla, Arif Budi Prasetya

Abstract


Bullying merupakan masalah yang sedang marak terjadi di lingkungan sekolah. Kecenderungan perilaku bullying merupakan sebuah keinginan untuk menyakiti seseorang yang dilakukan melalui aksi secara langsung oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat tidak bertanggung jawab, biasanya berulang, dilakukan secara senang dan bertujuan untuk membuat korban menderita. Di sekolah, bullying telah menjadi isu yang cukup serius dikarenakan lingkungan sekolah adalah di mana anak-anak dan remaja menghabiskan sebagian besar waktunya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada siswa mengenai perilaku bullying dan bagaimana bimbingan kelompok teknik sosiodrama membantu mengatasi perilaku bullying.


Full Text:

PDF

References


Alisyahbana, I. B. (2021). Meningkatkan Kesadaran Anti-Bullying Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Pada Siswa SMP Negeri 1 Gedeg Kelas XI IPS. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1).

Aulia, P., & Dalfina, E. (2023). Mengatasi Perilaku Bullying Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik “Sosiodrama.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran.

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan adalah Tindakan. PROSIDING KS: RISET & PKM, 2(2).

Bulu, Y. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BULLYING PADA REMAJA AWAL. Nursing News, 4(1).

Charalampous, K., Demetriou, C., & Tricha, L. (2018). The Effect of Parental Style on Bullying and Cyber Bullying Behaviors and the Mediatingrole of Peer Attachment Relationships: A Longitudinal Study. Journal of Adolescence, 64, 109–123.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok.

Karyanti, & Aminudin. (2019). Cyberbullying dan Body Shaming. K-Media.

Kellerman. (2007). Sociodrama and Collective Trauma. Jessica Kingsley Publishers.

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 02(01).

Kuswidyawati, D., & Setyandari, A. (2023). Tingkat Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP. 5(1), 33–41. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/solution/index

Muhopilah, P. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2).

Nur, M. (2022). IDENTIFIKASI PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH (SEBUAH UPAYA PREVENTIF). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3).

Rezapour, M., Khanjani, N., & Mirzai, M. (2019). Exploring Associations Between School Environment and Bullying in Iran: Multilevel Contextual Effects Modeling. Children and Youth Services Review, 99, 54–63.

Salmi, S., & Hariko, R. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2).

Tumon, M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1).

Yuliani, N. (2019). Fenomena kasus bullying di sekolah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.