Analisis bibliometrik: Trend riset komunikasi interpersonal siswa tahun 2014-2024 dan implikasi pada bimbingan dan konseling sekolah

Janjang Purnomo Aji, Amien Wahyudi

Abstract


Komunikasi interpersonal menjadi aspek penting dalam mendukung komunikasi antar pribadi. Salah satu aspek yang mempengaruhi kemampuan komunikasi seseorang adalah kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan trend riset komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri, dengan fokus riset pada tahun 2014 hingga 2024 dan implikasinya pada layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Dalam riset ini peneliti juga melakukan analisis penulis yang mempunyai fokus riset komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik dengan sampel data sebanyak 999 dokumen, dari hasil pencarian google schoolar berbantuan aplikasi Publish or Perish (PoP). Hasil data tersebut disimpan dalam format CSV yang kemudian diinput pada aplikasi VosViewer, dengan hasil 20 kata kunci yang dikategorikan kedalam lima kluster sesuai kata kunci komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebaran topik yang relevan untuk dilakukan penelitian terkait komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri sangat beragam. Confidence interval menjadi topik yang terbanyak, dan memiliki keterkaitan dengan self confidence, interpersonal communication, personal communication, leadership, anxiety, personality, emotional intelegence, dan individual. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat menjadi dasar pengambangan topik riset terkait layanan bimbingan dan konseling di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Ida, S. W. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim KomIda, S. W. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasi (Ida Suryani Wijaya) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN IKLIM KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115–126.unikasi Dala. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115–126.

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202–210. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.744

Karya, W., Kabupaten, N., & Selatan, L. (2016). Penggunaan konseling kelompok dalam meningkatkan percaya diri peserta didik kelas vii smp wiyata karya natar kabupaten lampung selatan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 03(2), 317–330.

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37. https://doi.org/10.29210/140800

Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. PSIKOPEDAGOGIA, 4(2), 143–151.

Polumulo, M., Rahim, M., & Botutihe, S. N. (2023). Percaya Diri dan Hubungannya dengan Kemampuan Komunikasi Interpesonal Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 2(April), 134–144.

Pratiwi, S. W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 324–329. https://doi.org/10.24036/02013211268-0-00

Purnamaningsih, E. H. dkk. (2003). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di UKRIM Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2(2), 67–71.

Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182. https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00

Sarmiati, E. R. R. (2019). Komunikasi Interpersonal. CV IRDH.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.