Strategi layanan bimbingan klasikal untuk mengembangkan career awareness siswa sekolah menengah pertama
Abstract
Tujuan Penelitian ini berfokus pada pengembangan strategi bimbingan klasikal inovatif untuk meningkatkan career awareness peserta didik. Penelitian ini mengkaji bagaimana bimbingan klasikal yang terstruktur dan interaktif dapat membantu siswa dalam pemahaman diri, eksplorasi karir,dan membuat keputusan yang tepat tentang masa depan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur view dengan menggabungkan analisis mendalam terhadap literatur yang relevan . Bimbingan dan konseling memainkan peran penting, terutama dalam memberikan layanan bimbingan klasikal. Layanan ini dianggap bisa menjadi solusi untuk mengembangkan career awareness siswa sekolah menengah pertama. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana bimbingan klasikal bisa diterapkan dengan baik untuk mengembangkan kesadaran karier, serta menemukan tantangan dan peluang dalam prosesnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan program bimbingan klasikal yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era yang terus berubah. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa strategi layanan, khususnya layanan dasar, yang digunakan oleh guru BK untuk meningkatkan career awareeness siswa.
Full Text:
PDFReferences
Bhakti, C. (2017 ) Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa.
Bhakti, C. (2024). The New Career Awareness Scale for Students on the Covid-19 Pandemic: The Rasch Model. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(2). https://doi.org/10.47750/pegegog.14.02.21
Crasweel, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif , Kuantitatif dan Campuran . (Edisi Keempat). Pustaka Belajar.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 5th ed. pdf.
Curry J, M. (2014). Career Counseling in P-12 Schools. Springer Publishing Company.
Diki Yonanda. (2019). PENERAPAN MODEL PERKEMBANGAN KARIR GINZBERG MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019.
Haolah, S., Eti Rohaeti, E., Rosita, T., & Studi Bimbingan dan Konseling, ( 2020 ). FOKUS PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER.
Harsantik& Nursalim. (2019). Pengembangan Media Game Tebak Gambar Untuk Membantu Ekplorasi Karir Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Panggul Media Development of Tebak Gambar on a Career Exploration Class VII in SMPN 1 PANGGUL. http://id.wikipedia.org/wiki/Karier
Heriyanti & Bhakti. ( 2022 ) STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BLENDED LEARNING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA. Journal Mahasiswa BK An- Nur , 8(2).
Irdasari & Bhakti (2022). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan kesadaran Karir Di Sekolah Menengah Pertama.
Lidyasari, A. T. (2019). Inovasi Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Career Awareness Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. www.bps.go.id
Multisari, W., Triyono, T., & Rachmawati, I. (2020). Pelatihan Career Awarness: Self Knowledge, Educational And Occupational Exploration, And Career Planning Pada Anak-Anak Kelompok Belajar Singajaya Malang. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.29407/ja.v4i1.14619
Nugraheni. (2014). THE RELATION BETWEEN SELF AWARENESS AND COMMUNICATION APPREHENSION FOR EDUCATION AND SCIENCE PROGRAM STUDENTS IN SANATA DHARMA UNIVERSITY.
Rahman, & Bhakti (2020). Implementasi Eksplorasi Karier Siswa di Era New Normal.
Rosita, T., Irmayanti, R., Heris Hendriana, D., & Siliwangi, I. (2020). URGENSI BIMBINGAN KARIR DI SEKOLAH DASAR. 03(01), 199–205. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3570
Safira, A., Hendriana, H., & Yuliani, W. (2021). VALIDITAS DAN RELIABILITAS ANGKET KESADARAN KARIER. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 285. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7259
Sari, N., Slb, ), & Singkawang, N. (2016). Pola Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Anak Autis Di Sekolah Dasar. In Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia (Vol. 1).
Verianto, A., Suranata, K., Ketut Dharsana, I., & Konseling, J. B. (2014). PENERAPAN MODEL PERKEMBANGAN KARIR GINZBERG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR PADA SISWA KELAS X TKR3 SMK NEGERI 3 SINGARAJA. In Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling (Issue 1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.