Studi literatur: Efektifitas konseling kelompok teknik simulasi game academic burnout pada siswa

Siti Nurkholiza, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Metode simulasi game dalam konseling kelompok telah terbukti sangat efektif dalam mengurangi stres akademik siswa. Teknik ini juga membantu siswa memperoleh keterampilan penting untuk mengelola stres dalam jangka panjang. Siswa belajar mengenali gejala kelelahan, menemukan penyebab stres mereka, dan menggunakan strategi coping yang sesuai melalui simulasi game. Permainan memasukkan keterampilan seperti penetapan tujuan yang realistis, manajemen waktu yang efektif, dan teknik relaksasi, sehingga siswa dapat mempraktikkan dan menginternalisasi kemampuan mereka dalam lingkungan yang menyenangkan dan aman. Metode penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan atau review literatur. Studi literatur dapat bersumber dari jurnal, buku, dokumentasi, pustaka, atau internet. Metode studi literatur melibatkan serangkaian tindakan, seperti membaca, mencatat, mengumpulkan data pustaka, dan mengelola bahan penulisan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan teknik simulasi game dalam konseling kelompok adalah metode yang sangat inovatif dan efektif untuk membantu siswa mengurangi kelelahan akademik. Menggabungkan elemen terapeutik dari konseling kelompok dengan daya tarik dan keterlibatan simulasi game, metode ini berhasil mengatasi berbagai aspek kelelahan akademik sambil juga mengajarkan siswa keterampilan manajemen stres yang penting. Ini adalah intervensi yang menjanjikan untuk diterapkan di pendidikan yang lebih luas karena dapat mengurangi gejala kelelahan, meningkatkan keterampilan coping, dan meningkatkan kesejahteraan umum siswa.


Full Text:

PDF

References


Asmawadi, A. (2021). Fun Learning melalui Media Whatsapp pada Pembelajaran Jarak Jauhuntuk Kelas 1 Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar,1(1), 1-10.

Damayanti, E., Permatasari, N., Pesau, H. G., & Halima, A. (2022). Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan di Era New Normal. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 53-74.

Herawati, A. A., Afriyati, V., Habibah, S., & Pratiwi, C. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Mengurangi Burnout Belajar Pada Perkuliahan Bimbingan dan Konseling Keluarga di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Bengkulu. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(2), 40–48.

Irawan, Edy. 2015. Pengembangan Teknik Permainan Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa.Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No 1. Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Irwansyah, M. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar SMP Pelita Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Selama Masa Pandemik Covid 19. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal),1(2), 96-106.

Zed, mestika. 2018. metode penelitian kepustakaan. jakarta : yayasan obor indonesia.3.

Tifarany, A. (2020). Pengaruh Burnout terhadap prokrastinasi Akademik Siswa di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam NegeriSumatera Utara).

Tumilisar, B. J. H., Fitri, S., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Pengembangan Program Pendidikan Seksual Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Memanfaatkan Media Sosial. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 43.

Vitasari, I. (2016). Kejenuhan (Burnout) Belajar di Tinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.