Strategi efektifitas bimbingan kelompok teknik manajemen diri dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa
Abstract
Maksud penelitian ini yaitu menyajikan gambaran mengenai layanan bimbingan kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode literatur riview, yakni mengumpulkan berbagai materi tertulis yang relevan dengan pokok bahasan penelitian tersebut dan memperoleh hasil dari observasi dan wawancara terhadap warga sekolah yang terlibat seperti kepala sekolah, wali kelas, guru BK, dan siswa. Kedisiplinan belajar merupakan proses belajar terbentuk melalui serangkaian sikap dan perilaku individu atau kelompok yang mencerminkan nilai-nilai seperti ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban. Sehingga, Penelitian ini berpusat pada menetapkan strategi belajar, pengelolaan waktu, serta patuh terhadap aturan dan tata tertib belajar memerlukan bantuan dan dukungan dari sekolah yang mana guru BK memiliki peran penting dalam membantu siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik manajemen diri siswa menjadi lebih patuh terhadap norma dan peraturan yang ada serta membentuk pribadi yang lebih baik secara keseluruhan.
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, H. (2013). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas Xii Jurusan Administrasi Pekantoran Di SMK NU 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Arianto, D. P. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Management Dalam Belajar Siswa Kelas X SMA Istiqlal Delitua.
Dimyati Mawaridz, A., & Rosita, T. (2019). Bimbingan Kelompok Untuk Siswa SMP Yang Memiliki Minat Belajar Rendah. 2(4).
Erlangga. (2017). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung.
Gami Sandi Untara, I. M., & Somawati, A. V. (2020). Internalisasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Hindu Di Desa Timpag Kabupaten Tabanan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 333–358. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.458
Halong, K., Balangan, K., Adawiah, R., Program, D., Ppkn, S., & Ulm Banjarmasin, F. (2017). 33 Rabiatul Adawiah, Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan) (Vol. 7, Issue 1).
Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. UD DUTA SABLON.
Hidayat, R. C., Handaka, I. B., Setyowati, A., & Utomo, N. B. (2022). Upaya Meningkatkan Kedisplinan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Kelas VII J SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Konsep, T., & dan Praktik, T. (n.d.). DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING.
Kumara, A. R. (2017). Bimbingan Kelompok.
Mamoto, S. dkk. (2023). Disiplin Dalam Pendidikan (Ira Atika Putri, Ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Nurhidayat, M., Maulidan, M. R., & Ubayuka, A. (n.d.). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK HEPSI.IND. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/index
Pratiwi, B., Budiharto, I., & Fauzan, S. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kenakalan Remaja Pada Remaja Madya (A Literature Review: Correlation Between Emotional Intellegence and Juvenile Delinquency in Middle Adolescene). Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, 2(2).
Pratiwiuniversitas, N. K. (2015). Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. In Jurnal Pujangga (Vol. 1, Issue 2). http://www.kajianpustaka.com/2012/11/definisi-fungsi-dan-bentuk-
Putri, M. (2022). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Lampung.
Ristiana, D., & Ari Pratiwi, I. (2020). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Pogading. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2).
Rufaedah, E. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak.
Safitri, F. E. (2020). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Berkuliah Sambil Bekerja Di Fakultas Psikologi Dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang.
Setyawan, D. A. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP kota Semarang. Nusantara of Research, 3(2). http://efektor.unpkediri.ac.id
Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. In Jurnal Teknologi Pendidikan (Vol. 13, Issue 1).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang memengaruhinya . PT. Rineke Cipta .
Yuliyantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.
Refbacks
- There are currently no refbacks.