Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kematangan emosional dan perkembangan perilaku sosial siswa kelas vii smp negeri 1 kasihan bantul
Abstract
Masa remaja ditandai dengan tantangan emosional dan kekacauan yang dapat menghambat perjalanan menuju kedewasaan. Keluarga sebagai lingkungan terdekat seorang anak memiliki peran krusial dalam membentuk perkembangan anak. Perilaku sosial dan perkembangan emosi dipengaruhi oleh metode pengasuhan yang digunakan oleh orang tua. remaja. Berbagai penelitian telah dilakukan dan menunjukkan pola assuh yang baik, seperti demokratis dan mendukung, berkontribusi positif terhadap pengendalian emosi dan kemandirian anak. Di sisi lain, pola asuh otoriter cenderung berkolerasi negatif dengan kemandirian, meskipun tidak selalui memberikan dampak negatif secara mutlak. Studi ini berfokus pada analisis studi literatur dan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang linear dengan pentingnya bimbingan orang tua dalam perkembangan sosial dan emosional anak. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa pemahaman dan penerapan pola asuh yang sesuai dengan tahap perkembangan anak sangat penting untuk mendorong perkembangan sosial dan emosional anak. Bentuk pola asuh orang tua dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu pola asuh otoriter, pola asuh permisif, pola asuh demokratis, dan pola asuh situasional. Dengan demikian, artikel ini memberikan landasan untuk lebih memahami bagaimana pola asuh orang tua dapat membentuk karakter dan kemampuan adaptasi sosial remaja, khususnya di lingkungan sekolah menengah pertama.
Full Text:
PDFReferences
Ernawati, I. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pengendalian Emosi Anak Kelas VII SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2).
Hansen, G. (2023). Mental health of children and adolescents. Monatsschrift fur Kinderheilkunde, 171(3), 206–207. https://doi.org/10.1007/s00112-023-01714-w
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Hidayati, N. I. (2014). Pola asuh otoriter orang tua, kecerdasan emosi, dan kemandirian anak SD. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 1-8.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dimasa pandemi corona virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683-696
Auliya, H. N. (2017). Perilaku Sosial Dan Gaya Hidup Remaja (Studi Kasus: Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 6 Tangerang Selatan). Skripsi, 1(1), 18–23.
Ernawati, I. (2018). Pola Asuh, Pengendalian Emosi. 2(2), 291–304. https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/75/68
Fatimah, R., Sunarti, E., & Hastuti, D. (2020). Tekanan Ekonomi, Interaksi Orang Tua-Remaja, dan Perkembangan Sosial Emosi Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 13(2), 137–150. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.137
Hidayatulloh, A. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 183–188. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.163
Lumenta, N., Wungouw, H. I. ., & Karundeng, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kematangan Emosi Remaja Di Sma N 1 Sinonsayang. Jurnal Keperawatan, 7(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24344
Mustabsyiah, L., & Formen, A. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Sosial Emosi Anak pada Sikap Tanggung Jawab. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 537–542. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/585/503
Oktaviani.J. (2018). Konsep Perilaku Sosial. Universitas Pendidikan Indonesia, 51(1), 51.
Ramdhiani, S. (2023). Pengaruh Butterfly Hug Terhadap penurunan tingkat stres pada remaja di smk al-mafatih jakarta. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–21.
Satar, M., & Yusri, N. A. (2019). Pengambilan Keputusan Ditinjau Dari Manajemen Diri Dan Kematangan Emosi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 10(1), 20–41. https://doi.org/10.15548/alqalb.v10i1.826
Syahraeni Andi. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 7, 1–16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.