Bibliokonseling kearifan lokal debus banten untuk mengatasi perilaku membolos siswa sma

Perawati Perawati, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Perilaku membolos bagi siswa SMA bukanlah sesuatu hal yang tabu, banyak kasus di setiap pelosok daerah dan sekolah-sekolah yang sering menemui permasalahan yang sama pada siswanya di Sekolah. Untuk dapat mengentaskan permasalahan maraknya perilaku membolos pada siswa SMA pada layanan bimbingan konseling salah satunya menggunakan teknik bibliokonseling bermuatan kearifan lokal debus Banten. Siswa SMA yang sering membolos umumnya mereka malas mengikuti pembelajaran dan cenderung kurang wawasan dari segi pembelajaran serta cenderung menyimpang dari norma, dengan digunakannya teknik Bibliokonseling anak mampu mempelajari dengan baik nilai-nilai positif yang bisa diambil dari kearifan lokal debus Banten. Anak yang sering membolos bukan hanya mengambil sisi baik dari nilai-nilai positif dari debus banten tetapi mampu mengenal budayanya yang sebelumnya mereka tidak mengetahui secara detail. Pendekatan ini tidak hanya mendukung untuk pembelajaran tetapi juga memberikan pemahaman pada siswa untuk bisa mengatur disiplin waktu yang nantinya akan menjadi bekal kehidupan setelah lulus dari SMA. Bersadarkan studi literature yang diperoleh hasil data menunjukkan temuan penelitian bahwa teknik bibliokonseling bermuatan kearifan lokal debus Banten menunjukan siswa SMA yang sering membolos bisa menerapkan perilaku disiplin sekolah dan lebih mengetahui kearifan lokal kesenian debus Banten serta menjadi pribadi yang baik dan tidak melanggar norma yang ada.


Full Text:

PDF

References


Fitrah, Muh., Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: CV Jejak.

Hiplunudin, Agus. (2020). Debus Banten Seni Pertunjukan Jawara dari Banten. Bandung: Manggu.

Winkel, W.S. & S. Hastuti. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Adiningtyas, S. W. (2017). Program Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa: Personal Guidance Program To Improve Student Dicipline Behavior. Jurnal Kopasta Unrika, 4 (2),55-63. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/1438/1048

Damayanti, F. A., Setiawati, Denok. (2013). Studi Tentang Perilaku Membolos Siswa SMA di Surabaya: The Study Of Bad Behaviour Of Skipping The Class Private School At Surabaya. Jurnal BK UNESA, 3 (1), 454-461. https://core.ac.uk/download/pdf/230609124.pdf

Firdaus, Hendi., Hidayat, Sholeh., Leksono, S. M., Jamaludin, Ujang. (2023). Etnopedagogi Kesenian Debus Sebagai Media Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan. jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 9 (2) 195-200. https://ejournal.fkipunmabanten.ac.id/mendidik/article/view/51/28

Hanifa, Dina. (2019). Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII MA Al Asror Semarang. Jurnal Unnes. http://lib.unnes.ac.id/34379/1/1301414116_Optimized.pdf

Hidayat, M. Y. (2008) Aplikasi Bibliokonseling Sebagai Salah Satu Strategi Membantu Klien Dalam Konseling. Jurnal Lentera Pendidikan, 11 (1), 129-140.

https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3770/3444

Purnamasari, Wahyu. (2018). Studi Kasus Tentang Perilaku Membolos Siswa di SMAN 1 Plumpang Tuban. Jurnal BK UNESA, Vol 9 No.1. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/25883

Suryadi. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dan Nilai Religius Siswa Melalui Seni Budaya Debus Banten. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan Pondasi dan Alikasi. 10 (1). Hal 1-8. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/48366/18590

Wijayanto, W.G.P. (2023). Penerapan Teknik Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 BANTAENG.eprints repository software Universitas Negeri Makasar. https://eprints.unm.ac.id/29639/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.