Pelaksanaan layanan bimbingan konseling bagi siswa berkebutuhan khusus

Ainun Tarisha, Muya Barida

Abstract


Tidak setiap individu mengalami perkembangan normal. Banyak di antara mereka yang dalam perkembangannya mengalami hambatan, gangguan, kelambatan, atau memiliki faktor-faktor resiko sehingga untuk mencapai perkembangan optimal diperlukan penanganan atau intervensi khusus. Anak berkebutuhan khusus (ABK) dikenal juga sebagai anak luar biasa atau anak abnormal. Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling bagi siswa ABK dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling bagi ABK. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research).Yang mana penelitian kepustakaan merupakan penelitian yang dilakukan di perpustakaan atau museum terhadap bahan-bahan berupa buku-buku, majalah atau dokumen lainnya yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 10 bagian ABK yang  menuntut ke penanganannya secara spesifik berdasarkan dengan kategori kebutuhannya diantaranya Tuna netra, Tuna rungu, Tuna grahita, Tuna daksa, Tuna laras,Anak Gifted, Tuna Ganda,Kesulitan Belajar, Hiperaktif dan yang terakhir adalah Autisme.


Full Text:

PDF

References


Arista Kiswantoro, Indah Lestari, E. Z. (2017). Konseling bagi konseli berkebutuhan khusus. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4–6.

Azmi, N. (2015). Potensi Emosi Remaja dan Perkembangannya. 2(1), 36–46. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/50/49

Badiah, L. I. (2017). Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Smp Negeri 32 Surabaya. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 34(2), 9–21. https://doi.org/10.36456/helper.vol34.no2.a942

Elviana. (2019). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Takammul : Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 8(1), 16–32. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/takamul/article/view/4745

Fitri, A., Saputra, R., & Fitri, M. E. (2021). Aggressive Behavior in Adolescents After Implementing Pik-R At Sma Negeri" Z" Pekanbaru in 2020. Al Insyirah …, 2012, 61–66. https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/aisch/article/view/1552%0Ahttps://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/aisch/article/download/1552/184

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Israwati, Lukman, & Hamid, A. N. (2022). Sultra Educational Journal (Seduj). 02(01), 1–9.

Setianingsih, E. S. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Islam Di Kelas Inklusi. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(2), 1–24. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.3201

Sukmana, D. R., Ramli, M., Rahman, D. H., & Febriani, R. O. (2022). Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Optimisme Siswa SMP dalam Menghadapi Ujian. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 380–389. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p380-389

Supiartina, S., & Khaldun, R. (2018). Pendekatan Layanan Bimbingan Dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus. Al-Tazkiah, 7(1), 76–90. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v7i1.654.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.