Keefektifan layanan dengan konseling kelompok untuk meningkatkan diri self awareness pada peserta didik pada sekolah menengah

Firman Setianto, Hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji keefektifan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan self-awareness pada peserta didik sekolah menengah. Self-awareness, sebagai kesadaran individu terhadap pikiran, perasaan, dan tindakan mereka, merupakan aspek penting dalam perkembangan remaja. Konseling kelompok, dengan pendekatannya yang komunal dan suportif, telah lama dianggap sebagai metode yang efektif untuk mencapai peningkatan ini. Penelitian yang digunakan ini berbasis metode literature review, yaitu dengan mengkolaborasi dan menganalisis berbagai sumber ilmiah dan penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik tersebut. Melalui penelusuran literature dari jurnal-jurnal akademik, buku, dan laporan penelitian, ditemukan bahwa layanan konseling kelompok mampu menciptakan suasana yang aman serta mendukung, dimana peserta didik dapat sharing pengalaman, mendapatkan umpan balik, dan belajar dari sesama anggota kelompok. Hasil dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan self-awareness melalui proses refleksi diri, diskusi kelompok, dan interaksi interpersonal. Peserta didik yang terlibat dalam konseling kelompok cenderung lebih mampu mengenali emosi mereka, memahami penyebab perilaku mereka, serta mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang lebih baik. Selain itu, ditemukan bahwa efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan self-awareness dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti keahlian konselor, dinamika kelompok, dan metode yang digunakan dalam sesi konseling. Penelitian ini berkesimpulan yaitu pada pelayanan konseling kelompok merupakan intervensi yang bai untuk meningkatkan self-awareness pada peserta didik sekolah menengah, namun memerlukan pelaksanaan yang terencana dan profesional agar dapat mencapai hasil yang optimal.


Full Text:

PDF

References


Adhistia, N., Kusnadi, K., & ... (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self Awareness Andikpas di LPKA Kelas I Palembang. Journal of Society …, 1(3), 321–327. https://journal.scidacplus.com/index.php/josc/article/view/310

Alfarisy, S. S. (2024). Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Mereduksi Perilaku Nomophobia di SMAN 1 Waled. Yogyakarta: Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2024, 1(April), 12–51.

Andrayani. (2022). Efektivitas Konseling Islam Dengan Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Self Awareness Peserta didik Kelas 1 SMP Negeri 2 Bua Ponrang. 1–129.

Ansar, W. (2024). Workshop Self AwarenessUntuk Meningkatkan Personal Growth Peserta didik MAN 2 Kota Makassar. 2, 271–275.

Imel Destri Ramadhona. (2024). Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang. 5(3), 248–253.

Imtinan, S. (2023). Keefektifan Teknik Self-Instruction dalam Konseling Kelompok untuk Mengurangi Burnout Akademik Peserta didik. Yogyakarta: Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2023, 18.

Maulana Ilyas, J., & Djanah, M. (2022). Keefektifitas Konseling Rasional Emotif Berperilaku untuk Meningkatkan Self-Awareness Peserta didik SMK. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Tahun, 05(02), 41–51. http://ejournal.undar.or.id/index.php/thalaba

Nani Barorah Nasution, Y. R. C. S. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Self Awareness Pada Remaja Tentang Bahaya Kecanduan Game Online di SMP Negeri 2 Sibolga. Jurnal Dunia Pendidikan, 3, 67–78. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083

Norsintiya, K. I. (2020). KESIAPAN GURU DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 RENGAT. Energy for Sustainable Development: Demand, Supply, Conversion and Management, 1–14.

Nurul Fatimah, A., & Emilia Azzahra, S. (2024). Meningkatkan Self-Awareness Peserta didik SMP Melalui Bimbingan Konseling Islami Dengan Metode Client-Centered. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 254–261. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.595

Pratiwi, B., Budiharto, I., & Fauzan, S. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kenakalan Remaja pada Remaja Madya: Literature Review. Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, 2(2). https://doi.org/10.26418/tjnpe.v2i2.46145

Rahman, R. (2024). Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 2024, 12(2004), 6–25.

Saepuloh, A., & Asiyah, D. (2022). Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Refleksi Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Diri Peserta didik. Gema Wiralodra, 13(1), 64–71. https://doi.org/10.31943/gw.v13i1.241

Septdiningtyas, D. P. (2024). Keefektifan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan perilaku asertif dalam berkomunikasi peserta didik mts mu’alimaat yogtakarta. 3, 1–23.

Septiani, K. N., Asri, D. N., & Kadafi, A. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Socrates Untuk Meningkatkan Self Awareness Peserta didik. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 43–47. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4182/3164

Sumartiningsih, M. S., & Prasetyo, Y. E. (2019). A Literature Review: Pengaruh Cognitive Therapy Terhadap Post Traumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan pada Anak. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2), 167–176. https://doi.org/10.17509/jpki.v5i2.17429


Refbacks

  • There are currently no refbacks.