Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Interpersonal siswa menengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tatap muka antar individu di sekolah menengah melalui layanan konseling kelompok. Komunikasi tatap muka adalah bentuk interaksi langsung antara dua orang atau lebih, yang memungkinkan mereka untuk merespons secara langsung baik secara verbal maupun nonverbal. Komunikasi lisan mengharuskan pengguna untuk berbicara dan mendengarkan secara langsung dengan lawan bicara. Layanan konseling kelompok dianggap tepat untuk menjadi metode yang efektif dalam membantu siswa memperbaiki keterampilan komunikasi tatap muka mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mencari artikel-artikel terbaru di Google Scholar antara tahun 2020-2024. Dari 17.400 hasil pencarian, dipilih 5 jurnal yang relevan dengan konseling kelompok untuk meningkatkan komunikasi tatap muka secara lisan. Berdasarkan tinjauan literatur yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dapat membantu meningkatkan komunikasi tatap muka siswa. Beberapa teknik konseling kelompok yang dapat digunakan termasuk psikoedukasi, kuesioner deskriptif, dan permainan peran. Temuan ini menunjukkan bahwa konseling kelompok memiliki potensi sebagai salah satu pendekatan yang dapat diterapkan oleh pendidik untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan komunikasi tatap muka, yang merupakan hal penting bagi perkembangan pribadi dan sosial mereka.
Full Text:
PDFReferences
Book
Ronaning Roem, E., & Sarmiati. (2019). Komunikasi Interpersonal Elva Ronaning Roem Sarmiati Cv. Irdh. Www.Irdhcenter.Com
Jurnal
Anggraini, C., Denny, ) ;, Ritonga, H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 337–342
Antarbangsa, S., Karakter, P., Konselor, M., Dijiwai, M., Religius, N.-N., Rezikadhani, N., & Fauziah, M. (2023). Prosiding Strategi Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa Menengah.
Apriati, I., & Andini, N. (2021). Regulasi Emosi Ibu Bekerja Saat Mendampingi Anak Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jecie (Journal Of Early Childhood And Inclusive Education), 5(1).
Azeharie, S., & Khotimah, N. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi Antara Guru Dan Siswa Di Panti Sosial Taman Melati Bengkulu. In Jurnal Pekommas (Vol. 18, Issue 3).
Eka Amelia, R., Rahmawati, A., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Regulasi Emosi Pada Interaksi Sosial Selama Pembelajaran Home Visitakibat Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2).
Harapan , E., & Ahmad, S. (2016). Komunikasi Antarpribadi : Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada
Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis Komunikasi Interpersonal Dan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37. Https://Doi.Org/10.29210/140800
Nurhasanah, N., Ramadhani, J., Tri Utami, N., Hasanah, U., & Islam Negri Sumatera Utara, U. (2024). Pentingnya Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa
Nursalim, M. (2020). Peran Guru Bk/ Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar.
Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal Serta Relevansinya Dengan Kepemimpinan Transformasional Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 25. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V5i1.1042
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). Http://Repo.Iain-
Pontoh, W. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Journal “Acta Diurna” , 1(1).
Program, K., Bimbingan, S., & Konseling, D. (2016). Dipublikasikan Oleh: Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fkip Universitas Muria Kudus 202 Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).
Rusdayanti, I. Gst. A. D., & Suranata, K. (2023). Pelatihan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Untuk Pengembangan Bakat Verbal Anak Cerdas Dan Berbakat. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 573. Https://Doi.Org/10.29210/1202323000
Suryani, I., Neilyca, W., Tetap Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sumatera Utara Medan, D., & Bki Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sumatera Utara Medan Jl Williem Iskandar Pasar Medan Estate Kec Percut Sei Tuan -Medan, A. V. (2018). Upaya Guru Bk Dalam Meningkatkan Siswa Di Mal Uin Su Medan (Vol. 8, Issue 2).
Suzanna, E., Anastasya, Y. A., & Ika, A. (2022). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smkn 5 Lhokseumawe Strategy Improving Interperpersonal Communication Skill Of Smkn 5 Lhokseumawe Students. Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat (J-P3km), 1(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.