Penggunaan genogram dalam layanan konseling komunitas untuk meningkatkan keputusan perencanaan karier komunitas mahasiswa CLC (Counselor Learning Community)

Amirul Ikhsan, Muhammad Nur Wangid, Agus Basuki, Eva Imania Eliasa

Abstract


Kemampuan perencanaan karier adalah kepastian untuk memilih tujuan dan sasaran karier yan direncanakan di masa depan sesuai dengan persyaratan dan kemampuan yang meliputi pemahaman diri, memahami tentang karier, pengatisipasian masalah yang timbul, dan peninjauan rencana dan kemampuan diri. Pada komunitas mahasiswa Counselor Learning Community (CLC) Universitas Ahmad Dahlan terdapat mahasiswa yang mengalami masalah kemampuan perencanaan karier yang rendah. Di dalam perencanaan karier terdapat pengaruh dari orang lain yang berarti. Orang yang sangat berarti itu terutama berpengaruh terhadap individu dalam mengidentifikasi perencanaan karier. Orang yang dimaksud yaitu guru, teman sebaya dan orang tua. Dengan adanya informasi tentang pengaruh keluarga dalam membuat keputusan karier dapat diperoleh melalui genogram. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan genogram untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan eksperimen berupa pre-test post-test one group design. Alat pengumpul data adalah skala perencanaan karier. Skala tersebut digunakan untuk mengidentifikasi komunitas mahasiswa CLC yang memiliki tingkat perencanaan karier rendah, yang selanjutnya dijadikan sebagai subyek penelitian yaitu sebanyak 6 mahasiswa. Adapun langkah yang dilakukan adalah meliputi 4 tahapan konseling komunitas yang dilakukan dalam 6 kali pertemuan yaitu tahap asesmen, menetapkan tujuan, implementasi teknik (penggunaan genogram), dan evaluasi-pengakhiran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda atau sign test. Hasil analisis menunjukkan bahwa N=6 dan X=0 diperoleh harga ρ=0,016, harga tersebut lebih kecil dari α dan berada pada daerah penolakan untuk α=0.05. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu “penggunaan genogram dalam layanan konseling komunitas dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier komunitas mahasiswa CLC

Full Text:

PDF

References


Afriliyanto, A., & Hastuti, M. M. S. (2021). Implementasi genogram dalam meningkatkan perencanaan dan keputusan karier. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 340–345. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7617

Bardick, A. D., Bernes, K. B., Magnusson, K. C., & Witko, K. D. (2006). Junior high school student’s career plans for the future. Journal of Career Development, 32(3), 250–271. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-1542571107&partnerID=tZOtx3y1

Bowen, R. M. (1980). Incompressible porous media models by use of the theory of mixtures. International Journal of Engineering Science, 18(9), 1129–1148. https://doi.org/10.1016/0020-7225(80)90114-7

Cuddy, C. (2002). Cultivating communities of practice: A guide to managing knowledge. The Bottom Line, 15(2). https://doi.org/10.1108/bl.2002.17015bae.001

Fathonah, N. (2019). Penggunaan metode genogram untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(2), 279–288. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i2.5814

Harefa, E. I. J. (2019). Peningkatan perencanaan asuhan keperawatan komunitas di rumah sakit. Inarxiv, 1–6. https://osf.io/preprints/inarxiv/385md/

Irmayanti, R. (2017). Genogram untuk mengembangkan kemampuan perencanaan karier siswa SMP. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice, and Research, 2(02), 84–89. www.journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/257

Kertajaya, H. (2008). Arti Komunitas. Gramedia Pustaka Utama.

McGoldrick, M., & Gerson, R. (1985). Genograms in Family Assessment. Norton. https://books.google.co.id/books?id=9k-xQwAACAAJ

Okiishi, R. W. (1987). The Genogram as a Tool in Career Counseling. Journal of Counseling & Development, 66(3), 139–143. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.1987.tb00820.x

Sagoro, E. M. (2013). Pensinergian mahasiswa, dosen, dan lembaga dalam pencegahan kecurangan akademik mahasiswa akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 54–67. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1691

Siswoyo, Si. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, S. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah. Depatemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutrino, B. (2013). Perencanaan karier siswa SMK (Sebuah model berbasis pengembangan soft-skill). Varia Pendidikan, 25(1), 1–14.

Yulianti, E. D., Fitri, S., & Herdi, H. (2016). Pengaruh penggunaan genogram dalam konseling karier untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik kelas XII. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 19. doi.org/10.21009/insight.041.04


Refbacks

  • There are currently no refbacks.