Pemanfataan Media Video Animasi dalam Bimbingan Kelompok sebagai Upaya Preventif Nomophobia Bagi Siswa SMP

Adiva Salma Nihayah Majid, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebermaknaan bimbingan kelompok menggunakan video animasi yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi untuk mereduksi nomophobia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan desain studi kepustakaan/literatur. Data yang dikumpulkan berupa data teks dari jurnal dan buku yang relevan dengan variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu berkaitan dengan nomophobia dan bimbingan kelompok menggunakan media video animasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara menghubungkan, membandingkan, menafsirkan, dan menyimpulkan isi dari berbagai teks data yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nomophobia dipandang dapat direduksi melalui bimbingan kelompok menggunakan media video animasi. 



Full Text:

PDF

References


Hardianti, F., & Yohana, N. (2016). Komunikasi Interpersonal Penderita Nomophobia dalam Menjalin Hubungan Persahabatan (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Riau).

Imamah, N. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–34.

Muyana, S., & Widyastuti, D. A. (2017). Nomophobia (No-Mobile Phone Phobia) Penyakit Remaja Masa Kini. 2.

Prabandari, R. M., Muyassaroh, N. A., & Mahmudi, I. (2017). Islamic Counseling Untuk Nomophobia Di Kalangan Remaja. 1(1), 189–194.

Sobirin, S. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa SMP. Jurnal Konseling Gusjigang, 5(1).

Sudarji, S. (2018). Hubungan antara nomophobia dengan kepercayaan diri. Psibernetika, 10(1).

Umam, R. N. (2021). Pengembangan Efikasi Diri Siswa SMK dalam Menentukan Keputusan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 115–132.

Yildirim, C. (2014). Exploring the dimensions of nomophobia: Developing and validating a questionnaire using mixed methods research.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.