Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving: Upaya untuk Meningkatkan Kontrol Diri dalam Menggunakan Media Sosial pada Siswa SMP

Ajib Busrol Mustofa, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebermaknaan Teknik problem solving untuk meningkatkan control diri dalam menggunakan media social pada siswa SMP. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kepustakaan atau literatur. Pengumpulan data yang digunakan berupa teks jurnal dan buku yang relevan sesuai dengan peneliti yang berkaitan tentang kontrol diri siswa terhadap media sosial. Analisis yang dilakukan adalah dengan menghubungkan dan membandingkan, memaparkan, dan menyimpulkan dari peneliti oleh para ahli sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa kontrol diri siswa terhadap media sosial masih sangat perlu diperhatikan.


Full Text:

PDF

References


Armayati, L. (2013). Pengaruh Kecanduan Gadget Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Remaja. Jurnal An- Nafs. Vol.8. No. 2

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (Smp).

Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2019). Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri Dan Jenis Kelamin Pada Siswa Sma Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 1307-1316.

Khoiruniisa, T. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Mts Muta’allimin Cadasari, Pandeglang.

Khoiruniisa, T. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Mts Muta’allimin Cadasari, Pandeglang.

Rosidah, A. (2016). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Terisolir. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Hajriyanti, M. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas Xi Smk Taruna Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ramadhani, F. Peranan Layanan Bimbingan Konseling Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Aziz, A. (2021). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Pada Anak Sekolah Tingkat Smp Di Desa Jrakah Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang (Doctoral Dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Hikmah, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika, Media Jaring-Jaring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 61-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.