Analisis Konseptual: Peran Layanan Bimbingan Pranikah sebagai Bentuk Pencegahan Pernikahan Dini

Alfani Ariwibowo, Agus Supriyanto, Indah Tri Sutanti, Sri Hartini

Abstract


Pernikahan dini adalah fenomena pada pandemi Covid-19. Ketidakstabilan emosi muncul pada diri siswa dan mahasiswa. Bimbingan pranikah oleh konselor sebagai strategi untuk mereduksi pernikahan dini. Tujuan penelitian ini menemukan konsep bimbingan pranikah untuk pencegahan pernikahan dini. Penelitian ini membahas tentang analisis konseptual peran layanan bimbingan pranikah sebagai bentuk pencegahan pernikahan dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik atau cara pengumpulan datanya yaitu studi dokumentasi. Hasil penelitian menemukan konsep bimbingan pranikahh dalam program bimbingan pranikah dalam layanan bimbingan dan konseling. Bimbingan pranikah sebagai strategi mencegah pernikahan dini.

Full Text:

PDF

References


Alfa, F. R. (2019). Pernikahan dini dan perceraian di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS), 1(1), 49–56.

Anggraini, R. D., Aulia, F., & Taqiyuddin, M. (2020). BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RESIKO PERNIKAHAN DINI REMAJA. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 4(2), 33–46.

Christina, D., & Matulessy, A. (2016). Penyesuaian Perkawinan, Subjective Well Being dan Konflik Perkawinan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(01).

Desiyanti, I. W. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan terhadap pernikahan dini pada pasangan usia subur di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jikmu, 5(3).

Elkhairati, E. (2018). Pembatasan Usia Perkawinan (Tinjauan Undang-undang dan Maqashid asy-Syari’ah). Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, 3(1), 87–106.

Garizing, S. (2017). Degradasi Moral di Kalangan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pinrang. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan.

Hasanah, H. (2021). Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mencegah Pernikahan Dini (Studi Fenomenologis di Desa Tanjung, kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang) [PhD Thesis]. IAIN Madura.

Hazna, H. (2018). ANALISIS UNDANG-UNDANG PERKAWINAN TERHADAP ANALYSIS OF MARRIAGE LAW ON MINIMUM AGE LIMITS OF MARRIAGE. Jurnal Ilmiah Hukum Dan Dinamika Masyarakat, 15(2).

Ikhsanudin, M., & Nurjanah, S. (2018). Dampak Pernikahan Dini Terhadap Pendidikan Anak Dalam keluarga. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 38–44.

Las Priyanti, I. (2021). EFEKTIVITAS “PROGRAM GenRe” DALAM PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI PADA SISWA SMK 2 GEDANGSARI. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 265–269.

Mahfudin, A., & Waqi’ah, K. (2016). Pernikahan Dini dan Pengaruhnya terhadap Keluarga di Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Jurnal Hukum Keluarga Islam, 1(1), 33–49.

Nurjayadi, M., & Kartika, I. R. (2012). Upaya peningkatan aktivitas mahasiswa pada pembelajaran bilingual biokimia I dengan model pembelajaran cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) di jurusan kimia FMIPA UNJ. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 2(1), 107–118.

Penulis, N., & Tando, A. (t.t.). IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PERNIKAHAN ANAK USIA DINI.

Puspita, I. L., & Kusnadi, K. (2021). PELATIHAN AKUNTANSI DASAR DAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA RAJABASA. JAPMA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI AKUNTANSI, 1(1), 6–10.

Saputra, W. N. E., Supriyanto, A., Astuti, B., & Ayriza, Y. (2020). Pikiran Damai Berdasarkan Penuturan Markesot: Studi Hermeneutika Teks Markesot Bertutur Lagi. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 5(2), 80–90.

Siahaan, C., & Rantung, D. A. (2019). PERAN ORANGTUA SEBAGAI PENDIDIK DAN PEMBENTUK KARAKTER SPIRITUALITAS REMAJA. Jurnal Shanan, 3(2), 95–114.

Sujadmi, S., Febriani, L., & Herdiyanti, H. (2018). Upaya Pencegahan Sexual Violence Pada Remaja Sekolah di Merawang Kabupaten Bangka. Society, 6(2), 51–57.

Sundani, F. L. (2018). Layanan Bimbingan Pra Nikah dalam Membentuk Kesiapan Mental Calon Pengantin. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 6(2), 165–184.

Vania, D. D., & Lentari, F. R. M. (2019). HUBUNGAN ANTARA SOSIALISASI GENDER DARI ORANG TUA DENGAN SIKAP REMAJA LAKI-LAKI TERHADAP KEKERASAN DALAM PACARAN. MANASA, 8(2), 32–52.

Wulanuari, K. A., Anggraini, A. N., & Suparman, S. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pernikahan Dini pada Wanita. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 5(1), 68–75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.