Pengaruh Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Pemahaman Karir pada Siswa SD Negeri 9 Batur dalam Pengenalan Berbagai Profesi untuk Menentukan Cita-Cita

Areta Adi Ratna

Abstract


Sampai saat ini siswa-siswa di Sekolah Dasar masih bingung dan banyak yang tidak paham akan berbagai profesi yang ada. Sehingga pilihan cita-cita siswapun menjadi kurang beragam dan pilihan cita-citapun dipengaruhi oleh faktor lingkungan siswa itu sendiri dan juga karena faktor teman. Maka dari itu Guru berperan penting untuk memberikan informasi kepada siswa mengani berbagai jenis profesi yang ada sehingga siswa dapat mengetahui berbagai macam profesi untuk menentukan cira-cita dan pilihan karir masa depan. Setelah memberikan layanan informasi kepada siswa guru juga berperan untuk mengetahui bakat dan minat siswa sehingga mudah untuk diarahkan cita-cita yang diinginkan dan mengetahui apakah pilihan siswa sudah sesuai dengan potensi atau belum. Tapi pada kenyataannya guru di Sekolah Dasar masih kurang memberikan informasi mengenai berbagai macam profesi yang ada kepada siswa dan itu berakibat pada siswa yang kurang mengenal berbagai macam profesi dan membuat pilihan cita-cita atau karir siswa tidak beraneka ragam. Padahal pengenalan profesi sejak sekolah dasar sangat berperan penting untuk siswa kedepannya, karena bakat,minat dan potensi yang dimiliki sudah diketahui sejak dini dan akan lebih mudah mengarahkannya sehingga siswa dapat sukses degan pilihan karirnya dengan bantuan menyusun strategi yang dapat dilakukan untuk lebih berjalan dengan baik.



Full Text:

PDF

References


Andriani, M. W. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 68-77.

Anisa, S., Sugiyo, S., & Anni, C. T. (2016). PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KARIR TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 107-112.

Budiarti, M., & Sos, S. (2017). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Damanik, E. (2016). Pengaruh Jenis Kelamin, Motivasi belajar, dan bimbingan karier terhadap cita-cita siswa. Jurnal. Universitas Sanata Dharma, 74.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1), 107128.

Kusumaningtyas, D. I., Kumalasani, M. P., & Deviana, T. (2019). Peran Guru SD dalamMemberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Di SD Muhammadiyah 8 KotaMalang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 53-60.

MAYRA, Z. (2019). PERKEMBANGAN ASPIRASI KARIR SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR (STUDY MIXED METHOD SD, SMP DAN SMA DI KOTA SEMARANG) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Rohmah, U. (2018). Bimbingan Karir untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 262-282.

Rosita, T., Irmayanti, R., & Hendriana, H. (2020). Urgensi Bimbingan Karir Di Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 3(1), 109-205.

Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan + Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Andi.

Wibowo Saputro, A., & Rubino Rubiyanto, M. P. (2017). Implementasi Layanan Bimbingan Karir Di Sd Negeri Bulakan 02 Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.