Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Model Picture and Picture Peserta Didik Sekolah Dasar

Asri Ayuwulanjati

Abstract


Model-model pembelajran yang bervariasi dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran juga harus di sesuaikan dengan materi. Model picture and picture menjadi salah satu model kooperatif yang tepat digunakan saat mengajar. Dengan digunakannya gambar dalam pejelasan materi, peserta didik akan lebih memahami dan mudah mengerti tentang materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui model picture and picture peserta didik kelas III. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III di SD Negeri Bangunrejo 2, yang berjumlah 16 peserta didik. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis data observasi dan analisis data tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I peserta didik yang berhasil sebanyak 4 peserta didik atau 25% dengan nilai rata-rata kelas 65,00. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus II. Tingkat keberhasilan peserta didik meningkat menjadi 7 peserta didik atau 43,75%, dengan nilai rata-rata kelas 73,12. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan tindakan siklus III. Tingkat keberhasilan peerta didik meningkat menjadi 14 peserta didik, dengan nilai rata-rata kelas 80,62. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas III SD Negeri Bangunrejo 2.



Full Text:

PDF

References


Ahmas, Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Gava Media.

Dalman, H. 2016 Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalman, H 2015. Menulis Karya Ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Istarani. 2012.58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 318–327.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusman,dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran.Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sardiman.2011.Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrfindo Persada.

Slamet. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: LPP UNS.

Suparno.2011.Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Menirukan Pembacaan Pantun Anak. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 228.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.