Keefektivan Layanan Bimbingan Klasikal Moda Daring Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Atin Anatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Layanan Bimbingan Klasikal moda daring dengan metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen yaitu penelitian yang mengidentifikasi suatu perilaku yang terkontrol. Penelitian ini memiliki dua variabel bebas yaitu Bimbingan Klasikal (X). Sedangkan variabel terikat (dependent variable) yaitu Motivasi belajar (Y). Teknik ekperimental ini memiliki 2 (dua) siklus, masing-masing siklus memiliki 4 (empat) tahap penelitian sebagai berikut, yaitu planing, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada penerapan layanan Bimbingan Klasikal moda daring metode Problem Based Learning menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu Angket dan Observasi. Hasil dari pengumpulan data angket menunjukan pada siklus 1  ada 8 siswa (22,22 %) yang memiliki tingkat motivasi sedang, dan terdapat 28 siswa (77,78 %) yang memiliki tingkat motivasi tinggi, ddan mengalami peningkatan pada II yaitu sebanyak 36 (100%). Hasil dari penghimpunan data observasi  menunjukan data pada siklus I yaitu Memiliki nilai rata-rata 27 dengan kategori Baik dan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 28 mendapatkan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Layanan Bimbingan Klasikal moda daring metode Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.



Full Text:

PDF

References


Aryani, L., dkk. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar dalam proses pembelajaran terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Sukasada. e - Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Tahun 2013.

Azkiyah, M. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Motivasi Belajar Siswa Underachiever Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sirampog Brebes Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competenciesinvocational high school, West Sumatra.International Journal of Asian SocialScience,4(6), 722-732

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28-35.

Extrikna, C. S., & Hartanto, D. (2020). Efektifitas layanan bimbingan klasikal teknik problem baset learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII FU SMP Muhammadiyah 1 Moyudan (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Fitrianawati, M. (2017). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Mahasiswa PGSD UAD Semester I TH. 2016/2017. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 13-23.

Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Jeffry, dkk. 2014. Pengaruh Fermentasi Pada Pembuatan Mocaf Dengan Menggunakan Lactobacillus plantarum Terhadap Kadar Protein. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 111 Tahun 2014Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 08 Oktober 2014. Jakarta

Nurihsan, A. J. 2006. Bimbingan&Konseling dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung: Rafika Aditama.

Prasetiawan, H. (2017). Media Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Makalah disajikan dalam The 5th Flurecol Proceeding Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 18.

Rianto, Y. 2010. Paradigma baru pembelajaran. sebagai referensi bagi guru/pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana Media Group

Rifa‟I dan Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS

Rossa, Vania & Efendi, D.A. 2020. Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belajar. Suara.com

Link: https://www.suara.com/health/2020/12/16/141248/akibat-pandemi-40-persen-pelajar-indonesia-kehilangan-motivasi-belajar (Diakses Sabtu, 31 juli 2021)

Samisih. (2013). Praktek layanan informasi dan orientasi secara klasikal. Jurnal Ilmiah SPIRIT, ISSN 1411-8319.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2014. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor : Ghalia Indonesia

Supriyo. (2010). Teknik bimbingan klasikal. Semarang: Swadaya Publishing

Uno, H.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya

Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z.(2016). Motivasi Belajar Ditinjau DariDukungan Sosial Orangtua Pada Siswa SMA.Jurnal Psikologi,2(1).

Winkel, W.S & Sri Hastuti. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.