Pengembangan Modul Digital Eksplorasi Karir berdasarkan Teori Multiple Intelligences untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Bayu Selo Aji, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan referensi dan mengembangkan suatu modul digital ekplorasi karir yang didasari oleh teori Multiple Intelligences bagi siswa Sekolah Menengah Pertama. Dipilihnya siswa SMP karena pada usia ini menurut Tressler (2015), siswa telah memasuki usia exploratory stage, dimana remaja mulai berusaha menentukan karir apa yang harus diambil sesuai dengan pilihan mereka serta bagaimana secara akademis mampu melangkah menuju pilihan tersebut. Dalam melaukan ekplorasi karir peneliti menggunakan indikator-indikator ekplorasi karir dalam pembuatan blueprint modul digital dari Sarf (2013) yang terdiri dari: 1) Berusaha menemukan dan menggali berbagai sumber informasi  mengenai karir seperti dari majalah, koran, internet, seminar tentang karir, selebaran yang ada pada papan informasi.2) mempunyai pengetahuan diri mengenai potensi yang dimiliki berupa minat, bakat, kepribadian, dan inteligensi. 3) mempunyai informasi karir yang memadai seperti persyaratan dalam memasuki sekolah/universitas/pelatihan yang diinginkan serta persyaratan-persyartan apa saja yang dibutuhkan dalam suatu perusahaan yang diinginkan. Pemilihan teori MI dalam penelitian ini dikarenkan teori ini berpendapat bahwa manusia memiliki delapan jenis kecerdasan yang bisa dikembangkan menjadi alternatif-alternatif karir. Modul digital yang dikembangkan berbasis aplikasi android yang didalamnya selain memuat tulisan juga memuat multimedia (audio dan video) serta hyperlink yang menghubungkan ke laman-laman browser. Selain itu modul digital juga didesain semenarik mungkin dengan menggunakan animasi sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna. Dengan adanya modul digital ini diharapkan menjadi salah satu solusi dari berbagai permasalahan karir yang dihadapi oleh generasi sekarang di era yang semakin kompleks ini.



Full Text:

PDF

References


Aji, B. S., Kurniasih, C., Rosiani, B. F., & Bhakti, C. P. (2020). DEAR (Digital Exploration Career): Hypermedia-Based Innovation Media For Guindance And Counseling To Explore Student Career In The Industrial Revolution 4.0. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(3).

Batdı, V. (2017). The effect of multiple intelligences on academic achievement: A meta-analytic and thematic study. Educational Sciences: Theory & Practice, 17(6).

Bernardin, H. J., & Russel, J. E. A. (2013). Human resources manajement. Singapore: Nc GrawHill.

Bhakti, C. P., & Rahman, F. A. (2020). Android application development of exploration career based on Multiple Intellegence: A model hypothetical. In Journal of Physics: Conference Series. 1470 (1)

Clay, J. (2012). Preparing for Effective Adoption and Use of Ebooks in Education. UKOLN, University of Bath.

Dollarhide, C. T. & Saginak, K. A. (2012). Comprehensive school counseling programs. New Jersey: Pearson Education Inc.

Flower A., Sara C. McDaniel, Kristine Jolivette. (2011). A Literature Review Of Research Quality And Effective Practices In Alternative Education Settings. EDUCATION AND TREATMENT OF CHILDREN. Vol 34

Gardner, H. E. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Hachette Uk.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Smp Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(2). doi: 10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5

Glading, S. T. (2012). Konseling : Profesi yang menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Hirschi, A., Abessolo, M., & Froidevaux, A. (2015). Hope as a resource for career exploration: Examining incremental and cross-lagged effects. Journal of Vocational Behavior, 86, 38-47.

Kustandi, C. & Sutjipta, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Lai, C. (2016). Integrating e-books into sciences teaching by preservice elementary school teachers. Journal of Educational in Science: Environtment and Health (JESEH), 2(1), 57-66.

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Lucy. (2017). Panduan Praktis Tes Bakat dan Minat Anak. Jakarta: Penebar Plus

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52-54.

Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple intelligences). Modul Perkuliahan pdf, Universitas Terbuka.

Purwanta, E. (2012). Faktor yang memengaruhi eksplorasi karier siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).

Samiasih, R., Sulton, S., & Praherdhiono, H. (2017). Pengembangan E-Module Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 119-124.

Sharf, R. S. (2013). Applying Career Development Theory to Counseling, Sixth Edition. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Sibilana, A. R. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Multiple intelligences di Markaz Arabiyah Pare Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 48-62.

Sinambela, L.P., 2016. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sitorus, D. S., Siswandari, S., & Kristiani, K. (2019). The Effectiveness Of Accounting E-Module Integrated With Character Value To Improve Students’learning Outcomes And Honesty. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(1), 120-129.

Storme, M. & Celik, P. (2017). Career Exploration and Career Decision Making Difficulties: The Moderating Role of Creative Self-Efficacy. Journal of Career Assessment, 20(10). doi: 10.1177/1069072717714540

Stumpf, S. A., Colarelli, S. M., & Hartman, K. (1983). Development of the career exploration survey (CES). Journal of Vocational Behavior, 22, 191–226. doi:10.1016/0001-8791(83)90028-3

Suarsana, M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2), 264–275. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v2i2.2171

Tressler, L. E. (2015). Increasing career exploratory behavior through message framing. Lousiana Tech University.

Vignoli, E. (2015). Career indecision and career exploration among older French adolescents: The specific role of general trait anxiety and future school and career anxiety. Journal of Vocational Behavior, 89, 182-191. doi: 10.1016/j.jvb.2015.06.005

Wolla, S. (2017). Evaluating the effectiveness of an online module for increasing financial literacy. Social Studies Research and Practice, 12(2), 154-167. doi: 10.1108/SSRP-04- 2017-0014

Woo, T. K. (2011). Developing quality learning materials for effective teaching and learning in an ODL environment: Making the jump from print moduules to online modules. Asian Association of Open Universities Journal, 6(1), 51-58.

Xu, H., Hou, Z.-J., & Tracey, T. J. (2014). Relation of environmental and self-career exploration with career decision-making difficulties in Chinese students. Journal of Career Assessment, 22(4), 654-665. doi: 10.1177/1069072713515628

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.