Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Model Pop-Up untuk Meningkatkan Pemahaman Perilaku Bullying Siswa Kelas VII SMP N 2 Piyungan

Amirul Ikhsan, Dody Hartanto

Abstract


Siswa SMP mulai memasuki kondisi psikis yang sangat labil karena masa ini merupakan fase pencarian jati diri. Kondisi ini mempengaruhi emosi dan perilaku remaja. Beberapa perilaku remaja dalam proses pencarian jati diri belum tentu bersifat positif. Banyak perilaku negatif yang dilihat para remaja seiring dengan pencarian jati dirinya. Proses pencarian jati diri dalam situasi kondisi psikologis yang belum stabil dapat berimplikasi pada perilaku kurang baik, seperti bullying. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dibutuhkan media yang digunakan untuk menunjang guru BK dan siswa dalam layanan bimbingan dan konseling tentang perilaku bullying, seperti media buku cerita bergambar model pop-up. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media media aplikasi media buku cerita bergambar model pop-up dalam upaya meningkatkan pemahaman  perilaku bullying siswa pada siswa VII SMP N 2 Piyungan sesuai dengan penelitian ahli agar nantinya dapat digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (research & development) dengan menggunakan model ADDIE sampai tahap ketiga, yaitu, 1) Analysis, 2) Design, 3) Development. Penelitian ini menggunakan instrument lembar penilaian untuk penilaian ahli media, ahli materi dan ahli layanan BK terhadap media buku cerita bergambar model pop-up untuk meningkatkan pemahaman  perilaku bullying siswa. Hasil yang diperoleh dari pengembangan media media buku cerita bergambar model pop-up untuk meningkatkan pemahaman  perilaku bullying siswa ini yaitu uji ahli materi medapatkan nilai 77,5 dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian ahli media mendapatkan nilai 95 dengan kategori “Sangat Baik”, dan penilaian ahli layanan mendapatkan nilai 92,5 dengan kategori “Sangat Baik, kemudian rata - rata dari penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli layanan mendapatkan nilai 88,3 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.  Dengan demikian, media buku cerita bergambar model pop-up untuk meningkatkan pemahaman  perilaku bullying siswa kelas VII SMP N 2 Piyungan layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: Rajawali Press.

Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2012). Pop-up Books. California: Libraries Unlimited.

Darmayanti, Kusumasari Kartika Hima, Farida Kurniawati, & Dominikus David Biondi Situmorang. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(01), 55-66.

Iwan, Yusi, dkk. (2014). Perancangan Cerita Bergambar Pentingnya Pengambilan Keputusan yang Bijak. Jurnal Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, 5.

Kumaro, Thio Dhamma. (2013). Perancangan Buku Kumpulan cerita Bergambar Rakyat kalimantann Timur sebagai Media Penyampaikan Pesan Moral. Jurnal Desain Komunikasi dan Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, (4).

Lestari, Windi Sartika. (2016). “Analisis Faktor-Faktor Penyebeb Bullying di Kalangan Peserta Didik”. Sosiodidaktika : Social Science Education Journal, 3(2).

Maulida, Afif. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Cerita Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IV MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Kec. Bandar Sribhawono Kab. Lampung Timur. Skripsi. Lampung Timur: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mudlofir, Ali, dan Evi Fatimatur. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Nugrahaningtyas, Erlita. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Medai Pembelajaran Pola Hidup Sehat untuk Anak Kelas 1 SD. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Nugriantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak Pengantar Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nugriantoro, Burhan. (2013). Sastra Anak Pengantar Pengalaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Olweus, D. (1993). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Oxford: Blackwell.

Olweus, D. (1999). Sweden. The Nature of School Bullying: A Cross-National Perspective. London & New York: Routledge.

Olweus, D.(1993) Bullying At School: What We Know and What We Can Do. Oxford: Blackwell.

Prasetiawan, Hardi, Amien Wahyudi, dan Erni Hestiningrum. (2019). Pelatihan Teknik Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Wilayah Kulon Progo. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 443-452.

Prasetiawan, Hardi, Said Alhadi. (2018). Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 87–98.

Pratama, I. Y., Bahruddin, M., & Riyanto, D. Y. (2016). Penciptaan Buku Popup Mesatua Bali Berjudul "I Lubdhaka" dengan Teknik Pull Tab Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional. Jurnal Desain Komunikasi Visual.

Rahmawati, S. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Whole Language Pada Materi Cerita Rakyat Untuk Kelas V SD/MI. Doctoral Dissertation. UIN Raden Intan Lampung.

Sania, Rizky. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Pop-Up untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Beji 02 Ungaran. Skripsi. Semarang: Juruan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Schott, R. M., & Søndergaard, D. M. (Eds.). (2014). School bullying: New theories in Context. Cambridge University Press.

Zainorrahman, Azizah, L. F., & Kadarisman. (2018). Pengembangan Media Berbasis Pop-up untuk Pembelajaran IPA di MTS Raudhatut Thalibin. ALPEN, 99-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.