Inovasi Bimbingan Karir dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten

Cendy Oktaviani Arni, Hardi Prasetyawan

Abstract


Masa remaja merupakan masa terpenting dalam perkembangan karir bagi setiap individu. Banyak masalah yang muncul selama periode ini, salah satunya adalah masalah karir yang berujung pada kematangan karir setiap siswa. Siswa tidak mendapatkan informasi yang cukup terkait dengan pendidikan dan karir sehingga siswa masih bingung dengan karir apa yang akan mereka pilih di masa depan. Siswa yang sering mengalami kendala dalam menentukan karirnya adalah siswa SMK. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya pemberian informasi kepada mahasiswa oleh tenaga ahli profesional yang dilakukan dalam pelayanan bimbingan dan konseling, untuk itu perlu adanya layanan bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir mahasiswa, dengan teknik modelling dalam pelaksanaannya. bimbingan kelompok siswa untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pelaksanaan bimbingan kelompok di SMK Muhamadiyah 1 Prambanan Klaten, (2) mendeskripsikan tingkat kematangan karir siswa di SMK Muhamadiyah 1 Prambanan Klaten, (3) menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik pemodelan. untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten, dan (4) menganalisis keefektifan model. Desain yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sebanyak 10 siswa dilibatkan sebagai sampel penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) layanan bimbingan kelompok telah dilaksanakan di SMK Muhamadiyah 1 Prambanan Klaten, namun belum optimal, (2) tingkat kematangan karir siswa di SMK Muhamadiyah 1 Prambanan Klaten adalah 30% (kategori sedang), ( 3) dihasilkan model bimbingan. kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK Muhamadiyah 1 Prambanan Klaten, (4) model layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling yang efektif untuk meningkatkan kematangan karir. Peningkatan terjadi pada semua aspek kematangan karir. Artinya model bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa.



Full Text:

PDF

References


Afriani, R., Setiyani, R., & Artikel, I. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kejuruan, Penguasaan Soft Skill, Dan Kematangan Karir Terhadap

Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 453–468.

Aji, R., Hartati, D. S., & Rusmawati, D. D. (2010). Hubungan antara Locus of Control dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII SMK N 4 Purworejo. Jurnal Psikologi, 1–20.

Awal, P., & Dunia, M. (2011). PELAKSANAAN BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA

SMA SEBAGAI PERSIAPAN AWAL MEMASUKI DUNIA KERJA 1 Oleh: Sitti Rahmaniar Abubakar 2. 1, 137–144.

Bimbingan, D. A. N., Pada, K., & Kerja, K. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Bimbingan Karir Pada Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 421–432.

Cahyati, Y., Rosra, M., & Widiastuti, R. (2020). Peningkatan Kemantapan Pilihan Karir Melalui Layanan Konseling Kelompok REBT Pada Siswa SMK. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling).

Gati, I., Gadassi, R., Saka, N., Hadadi, Y., Ansenberg, N., Friedmann, R., & AsulinPeretz, L. (2011). Emotional and personality-related aspects of career decisionmaking difficulties: Facets of career indecisiveness. Journal of Career Assessment, 19(1), 3–20. https://doi.org/10.1177/1069072710382525

Istiadah, F. N., Imaddudin, A., Arumsari, C., Nugraha, A., Sulistiana, D., & Sugara, G. S. (2017). Program Bimbingan Karir Pada Siswa Kelas Xii. Jurnal Abdimas Umtas, 1(1), 31–40.

Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan

Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan, 17(4), 447. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Karir, M. P. (2015). Kata Kunci: 1(1).

Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (n.d.). KEMATANGAN EKSPLORASI KARIR SISWA.

Lestari, I. (2017). Dipublikasikan oleh: Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP

Universitas Muria Kudus MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR

REMAJA MELALUI BIMBINGAN KARIR BERBASIS LIFE SKILLS. Jurnal

Konseling GUSJIGANG, 3(1), 2503–281. http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.859

Lionetto, F., Pappadà, S., Buccoliero, G., Maffezzoli, A., Marszałek, Z., Sroka, R., Stencel, M., Buser, Y. M., Grouve, W. J. B., Vruggink, E., Sacchetti, F., Akkerman,

R., Rudolf, R., Mitschang, P., Neitzel, M., Xu, X., Ji, H., Qiu, J., Cheng, J., …

Dhondt, M. C. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Composites Part A: Applied

Science and Manufacturing (Vol. 68, Issue 1).

http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndte int.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Listyowati, A., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2011). Hubungan Antara Kebutuhan Aktualisasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII SMAN 2 Klaten. 000, 116–145.

Memenuhi, U., Satu, S., Guna, S., & Gelar, M. (2018). Oleh : ELITA WAHYUNING TYAS.

Prasasti, S. (2017). Pengembangan Pembelajaran Kewirausahaan Sejak Dini Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Game Siklus Bisnis Bagi Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penguatan Peran Guru BK di Sekolah (Issue 1).

Rahman, A. (2015). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 2(1), 1–14.

Rustanto, A. E. (2016). KEPERCAYAAN DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMATANGAN KARIR MAHASISWA DI POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS JAKARTA UTARA. 5(2), 1–11.

Selatan, N. I. (n.d.). Pengaruh Layanan Informasi ….( Rani Mega Putri). 7–18.

Semarang, U. N. (2019). Jurnal edukasi. 76–85.

Simarmata, L. J. S. A., Ernawati, R., & Gunawan, R. (2020). Hubungan Antara Pemberian Bimbingan Karier Dengan Pengembangan Potensi Peserta Didik di SMA Cahaya Sakti Jakarta Timur. Jurnal Selaras Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 27–44.

Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa

Kelas Ix-1 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 51(1), 51. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. 1, 5–9.

Teknologi, U. (2015). Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk 4. 5(December), 118–138.

Utami, Y. G. D., & Hudaniyah. (2013). Self Efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.