Modul Digital Career Planning sebagai Alternatif Media Perencanaan Karir Siswa SMA Kelas X

Cucu Kurniasih, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan referensi pengembangan media layanan bimbingan dan konseling karir di sekolah, khususnya perencanaan karir siswa. Perencanaan karir menjadi aspek yang penting dalam mendorong kematangan karir yang secara tidak langsung akan membantu dalam pencapaian karir siswa di masa depan. Adapun media yang dikembangkan adalah modul digital dengan sasaran siswa kelas X SMA. Modul digital dipilih karena melihat karakteristik siswa yang banyak berinteraksi dengan teknologi terutama smartphone.Konten yang dikembangkan adalah berdasarkan Grade Level Expectencies tingkat X yang dikembangkan oleh Missouri Center for Career Education. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu dengan melakukan riset dari berbagai buku, jurnal, prosiding maupun media online lainnya. Harapannya pengembangan modul digital career planning ini dapat menjadi alternatif media yang bisa digunakan dalam perencanaan karir siswa.



Full Text:

PDF

References


Adekola, B. (2011). Career planning and career management as correlates for career development and job satisfaction. A case study of Nigerian Bank Employees.“. Australian Journal of Business and Management Research, 2.

Adiputra, Sofwan. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling. Volume 1 (1).

Aisah, S., Mugiarso, H., & Anni, C. T. (2018). Internal Locus of Control dan Dukungan Keluarga Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Majenang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 22-29.

Aminurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei faktor-faktor penghambat perencanaan karir siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2).

Angelina, P. R., Kasman, R., & Dewi, R. S. (2020). Peningkatan Kematangan Karir Peserta Didik untuk Mengurangi Resiko Pengangguran. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR.

APJII. (2018). Buletin APJII Edisi 23-April 2018. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

APJII. (2020). Buletin APJII Edisi 74-November 2020. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Atli, A. (2017). Five-Factor Personality Traits as Predictor of Career Maturity. Eurasian journal of educational research, 68, 151-165.

Caryono, S., & Isnaeni, E. (2014). Upaya Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XII IPA di SMA N 8 Purworejo (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 121-127.

Curry, J., Milsom, A. (2014). Career Counseling in P-12 Schools. New York: Springer Publishing Company

Ghassani, M., & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP melalui Pelatihan Perencanaan Karir. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 12(2), 123-138.

Leksana, D. M. dkk. (2013). Pengembangan modul bimbingan karir berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1).

Massie, R. (2015). Pengaruh Perencanaan Karir, Pelatihan dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Pegawai pada Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Merona, S. P. (2019). Penggunaan Modul Statistika Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 11-17.

Nurbani. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Mata Kuliah Desain Grafis pada Program Studi Pendidikan TIK. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. Vol 12 (1).

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 8 (1).

Putri, N. D., Romli, M. E., & Sari, K. (2020). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Jarai Melalui Media Pohon Karir. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 3(1).

Rahman, F.A, Bhakti, C.P. (2020). Implementasi Eksplorasi Karier Siswa di Era New Normal. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting Pendidikan.

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Sulisworo, D. (2019). Teori dan Praktek Mobile Collaborative Learning. Yogyakarta: Markumi Publisher

Tan, F.Y. Yahya, K.K. (2013). The Influence of Malaysian Insurance Agents Career Planning on Their Career Strategies. International Journal of e-education, e-management and e-learning. Vol 3 (1).

Witriani, R., Rosmawati, R., & Saam, Z. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Karir Siswa dalam Memasuki Perguruan Tinggi Kelas X SMA NEGERI 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Riau University).

Zulkaida, A., Made Taganing Kurniati, N., Retnaningsih, R., Muluk, H., & Rifameutia, T. (2012). Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.